Cara Mengetik dengan Suara – Support Indonesia Hasil Akurat

CaraPedi.com| Cara mengetik dengan suara atau tanpa menggunakan keyboard ini bisa sangat membantu ketika misalnya kita harus mengetik sebuah dokumen kembali karena tidak ada soft copynya. Saya sendiri sering menggunakannya ketika sedang malas mengetik dengan menggunakan 10 jari.

Jika kebanyakan menggunakan software yang hanya support bahasa asing seperti bahasa Inggris, maka cara yang saya gunakan ini adalah menggunakan adds on (pengaya atau semacam aplikasi) pada Google Docs yang tidak hanya support bahasa Indonesia, tapi juga bisa mendeteksi suara baik pelan maupun cepat. Akurasi pembacaannya pun sangat baik. Berikut screenshot hasil dari suara saya yang membaca koran. Dari sekian kata, hanya salah 1 kata saja yang keliru, yaitu “bigal” yang seharusnya “begal”.
cara mengetik dengan menggunakan suara di komputer

Cara Mengetik dengan Suara

Salah satu syarat agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka Anda harus menggunakan Google Chrome. Karena pengalaman saya jika menggunakan Mozilla Firefox atau Opera, aplikasi ini tidak berjalan.

  1. Pertama-tama Anda harus mempunyai akun GMail terlebih dahulu. Jika sudah punya silahkan login atau jika belum silahkan lihat cara membuatnya di artikel saya: cara membuat akun Gmail. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari memiliki akun Gmail.
  2. Setelah itu cari di Google search: Google Docs atau langsung klik: https://docs.google.com/document/u/0/
  3. Jika sudah masuk ke halaman Google Docs, lalu klik tombol Plus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, atau jika Anda sudah memiliki dokumen di Google Docs, silahkan klik tombol Plus yang berada di sebelah pojok kanan bawah.
    cara mengetik dengan suara di komputer
  4. Setelah terbuka lembar baru, klik tombol Pengaya atau Add-ons yang berada di toolbar atas lalu klik > Get add-ons. Ketikkan kata: Speech pada kolom pencarian agar lebih cepat dalam mencari add-ons tersebut > lalu klik tombol Gratis atau Free untuk mulai menginstal.
    cara mengetik menggunakan suara di komputer
  5. Jika tidak muncul pop up seperti gambar di atas, maka itu tandanya, browser Anda tidak mengizinkan jendela pop up untuk muncul, cara mengatasinya, silahkan klik tombol X yang berada di sebelah pojok kanan atas lalu pilih selalu izinkan munculan dari https://docs.google.com, lalu ulangi lagi langkah ke empat.
    cara mengetik dengan suara di komputer atau laptop
  6. Setelah berhasil menginstal, maka Anda bisa langsung memulai merekam suara Anda untuk dikonversikan menjadi tulisan dengan klik tombol Pengaya atau Add-ons lalu pilih Speech Recognition > Start.
  7. Pilih bahasa Indonesia lalu Klik tombol Start atau Awal dan silahkan membaca artikel atau tulisan yang akan Anda ketik dengan menggunakan suara. Semoga berhasil.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengetik dengan suara di komputer. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi tips bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.