Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online via Google Form

CaraPedi.com| Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online – Kita bisa membuat formulir pendaftaran atau registrasi online secara gratis dengan menggunakan fasilitas Google Form. Cara ini biasa digunakan untuk mempermudah calon pendaftar seperti calon peserta kursus misalnya tanpa harus datang ke kantor secara langsung. Selain dapat digunakan untuk membuat formulir pendaftaran, Google Form juga bisa digunakan untuk keperluan survey atau kuesioner. Anda pun bisa menyematkannya di blog atau website yang Anda miliki. Jika tidak punya, Anda cukup menyimpan tautan formulir tersebut kemudian share tautan tersebut kepada orang yang menjadi target Anda.

Kelebihan dari membuat formulir pendaftaran dengan menggunakan Google Form adalah data yang diisi oleh pendaftar atau peserta survey akan langsung tersimpan di Google Drive dalam bentuk Excel sehingga Anda dapat langsung mengolahnya tanpa harus menginputnya secara manual. Tentu ini akan menghemat tenaga dan waktu Anda. Lalu bagaimana cara membuat formulir pendaftaran online secara gratis via google form ini? Ikuti secara seksama langkah-langkah berikut ini:

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online

  1. Pertama-tama kunjungi Google Form. Kemudian login dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika belum memilikinya, silahkan buat akun Gmail Di Sini.
  2. Setelah berhasil login, maka Anda akan langsung disuguhkan sebuah konsep formulir yang bisa langsung Anda gunakan untuk membuat formulir pendaftaran atau survey maupun kuesioner.
    cara membuat formulir pendaftaran online dengan google drive
    Ket:
    1). Beri judul formulir Anda dengan klik di area: Formulir tanpa judul
    2). Berilah penjelasan singkat tentang formulir atau cara pengisiannya.
    3). Isi dengan pertanyaan
    4). Teks bantuan bisa digunakan menjelaskan bagaimana cara pengisiannya.
    5). Pilih jenis pengisian yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
    6). Jika sudah selesai membuat sebuah pertanyaan klik tombol Selesai.
    7). Untuk membuat pertanyaan baru, silahkan klik tombol Tambahkan item.
  3. Jika pertanyaan Anda banyak dan agar tidak terlihat terlalu panjang, bagi dalam beberapa halaman dengan menekan tanda panah yang berada di sebelah kanan tombol Tambahkan Item lalu pilih: Jeda Halaman. Isikan judul header dengan topik atau tema seputar pertanyaan di dalamnya.
  4. Jika Anda sudah selesai membuat pertanyaan yang diperlukan, di kolom yang terdapat di dasar halaman, Anda bisa menambahkan pesan yang akan muncul setelah pendaftar menyelesaikan pengisian formulir. Sebagai contoh, Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah ini:
    cara membuat kuesioner online dengan google form
  5. Langkah berikutnya adalah dengan mendapatkan tautan atau url yang nantinya akan Anda berikan kepada calon pendaftar atau bisa langsung Anda sematkan di dalam blog atau website Anda dengan cara Klik tombol: Kirim formulir seperti pada gambar yang terdapat pada langkah ke-5 sehingga muncul pop up seperti di bawah ini:
    cara membuat formulir registrasi online secara gratis
    Jika Anda ingin menampilkan formulir pendaftaran atau survey tersebut ke dalam blog atau website, Anda bisa mendapatkan scriptnya dengan klik tombol: Sematkan lalu copas ke dalam blog atau website Anda dengan menentukan lebar dan tinggi formulir menyesuaikan space yang tersedia pada blog atau website Anda agar tidak telihat terlalu kecil atau terlalu besar (jawa: Mecothot).
    cara membuat formulir pendaftaran online di blog atau website
  6. Sebelum mempublish atau mengirimkannya, Anda bisa melihat terlebih dulu hasil jadinya dengan cara klik tombol: Lihat bentuk jadi yang terdapat di toolbar atas. Silahkan isi dengan formulir tersebut sebagai simulasi. Jika sudah selesai mengisi, kembali ke halaman Google Forms, dan Anda akan melihat ada satu tanggapan pada menu: Tanggapan yang terdapat di toolbar paling atas. Untuk melihatnya silahkan klik menu Lihat Tanggapan.
  7. Jika tanggapan ini merupakan yang kali pertama, maka akan muncul pop up konfirmasi apakah hasil tanggapan tersebut akan disimpan dalam bentuk Excel atau hanya disimpan dalam bentuk isian formulir saja seperti pada gambar di bawah ini.
    cara membuat formulir pendaftaran secara online dan gratis
  8. Agar kita bisa mengolah data dengan lebih mudah, seperti untuk mengirimkan email otomatis kepada pendaftar, maka kita harus menyimpannya dalam bentuk Excel dengan cara langsung klik tombol Buat seperti pada gambar nomor 7. Selesai. Anda pun bisa melihat data isian formulir dalam bentuk Excel yang disimpan secara otomatis ke dalam Google Drive seperti gambar berikut:
    cara membuat formulir pendaftaran di blog

Next Artikel: Cara Mengirim Email secara otomatis (Auto Reply) kepada Pengisi Formulir.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online via Google Form. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan sedang membutuhkannya. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.