Cara Download File di Academia .edu Terbaru – Berhasil

CaraPedi.com| Cara Download File di Academia .edu – Academia.edu merupakan salah satu hosting penyimpanan dokumen seperti makalah, proposal, artikel dan karya tulis lainnya. Bagi yang belum pernah mendownload file atau dokumen di Academia tentu akan bingung karena setelah klik tombol download, yang muncul bukan jendela download melainkan jendela login atau sign up. Bahkan setelah membuat akun dan melakukan login pun terkadang ada yang masih bingung karena ternyata tidak bisa begitu saja mendownload. Sudah begitu bahasa pengantarnya pun menggunakan bahasa Inggris yang tidak semuanya paham maksudnya, setidaknya itu juga yang terjadi pada saya sebelum menulis tutorial tentang cara download file di academia ini.

Pada dasarnya, setiap hosting penyimpanan dokumen online memiliki kebijakan masing-masing dalam hal kebebasan mendownload setiap file. Namun sebagian besar prosedurnya adalah sama, yaitu selain membuat akun, kita juga harus mengupload sebuah dokumen apapun itu bentuknya agar kita bisa mendownload file yang kita perlukan. Jadi sebenarnya kita diwajibkan untuk membayar agar bisa mendownload, namun cara pembayarannya adalah dengan metode barter dengan kita memberikan dokumen lain yang kita miliki.

Cara Download File di Academia .edu

  1. Pertama kunjungi situs resmi Acedemia.edu (Klik tautan jika Anda tidak ingin kehilangan halaman yang memuat file yang akan Anda download untuk membuka halaman baru. Setelah berhasil melakukan registrasi, barulah Anda refresh halaman di Academia yang memuat file yang Anda butuhkan).
  2. Kemudian klik tombol Sign Up yang berada di sebelah pojok kanan atas untuk mendaftar atau membuat akun.
  3. Agar lebih mudah, sebaiknya gunakan akun Facebook Anda untuk membuat akun di Academia.edu dengan klik tombol Connect with Facebook.
  4. Klik tombol OK pada jendela pop up yang muncul untuk mengkonfirmasi.
  5. Lalu klik YES pada dua pertanyaan yang muncul beruntun sehingga muncul jendela baru yang mengharuskan Anda untuk mengupload sebuah dokumen. Anda bisa upload dokumen berupa artikel, proposal, contoh surat dan dokumen bermanfaat lainnya dengan mengklik tombol Upload a Paper. Agar tidak terlalu lama, uploadlah dokumen atau file yang memiliki size kecil saja. Tunggu hingga proses upload selesai, jika sudah 100% barulah klik tombol Save.
  6. Selanjutnya akan muncul halaman baru untuk memberi judul dokumen yang baru saja Anda upload. Anda bisa langsung klik Done atau terlebih dahulu mengganti judulnya. Author dan Research interest dibiarkan saja.
  7. Pada halaman Add Your Affiliation cukup centang Independent Researcher lalu klik tombol Save & Continue.
  8. Pada halaman berikutnya, yaitu Add Your Research Interest, ketikkan bidang materi pelajaran yang Anda minati. Sebagai contoh saya ketikkan kata: English, lalu saya pilih English Language pada pilihan yang muncul. Untuk melanjutkan klik tombol Save and Continue.
  9. Selanjutnya langsung klik Save and Continue lagi pada halaman Connect with Friends & Colleagues, maka Anda telah berhasil membuat akun di Academia.edu dan juga sudah berhak untuk mendownload semua file dan dokumen yang tersimpan di Academia dengan gratis.
  10. Langkah terakhir adalah kembali membuka tab jendela Academia yang memuat file yang Anda butuhkan, lalu tekan tombol F5 pada keyboard komputer atau laptop Anda untuk merefresh halaman tersebut. Dan sekarang Anda bisa langsung mendownload file tersebut dengan mengklik tombol Download tanpa harus berputar-putar lagi.
    cara download file dokumen di academia

Demikianlah tutorial saya kali ini tentang Cara Download File di Academia .edu. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai postingan ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.