5 Peluang Cara Bisnis Online Tanpa Modal Dari Rumah

CaraPedi.com| Cara bisnis online tanpa modal yang akan saya share ini bisa dilakukan di rumah. Tapi yang jelas tidak mungkin jika tanpa modal sepeserpun, karena setidaknya Anda harus tetap mengeluarkan uang untuk membeli kuota internet karena biar bagaimanapun, untuk bisa memulai bisnis online, kita harus mengakses internet. Namun dengan paket internet murah yang ditawarkan oleh berbagai provider GSM maupun CDMA, saya kira hal ini tidak akan menjadi masalah. Seperti teman saya, hanya bermodalkan kuota internet dan duduk manis di rumah, kini setiap bulan ia bisa meraup omset tidak kurang dari 200 juta setiap bulannya. Bisnis online apa yang ia geluti? simak terus ulasan saya di bawah ini.

Prospek bisnis online di Indonesia saat ini dan tentunya di masa mendatang sangatlah menjanjikan. Ada beberapa alasan mengapa bisnis online bisa menjadi alternative peluang usaha yang menjanjikan, diantaranya:

  1. Jaringan internet saat ini sudah jauh lebih baik dan hampir tersedia di seluruh pelosok tanah air. Bahkan di tempat saya bekerja di pulau Flores pun akses internet sudah semakin kuat dan cepat seiring banyaknya BTS yang dibangun, apalagi di daerah pusat seperti di pulau Jawa, Bali, Sumatera dan daerah ramai lainnya yang di beberapa tempat jaringannya sudah 4 G.
  2. Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk menguasai teknologi komunikasi semakin besar. Hal ini karena mereka tidak mau dianggap gagap teknologi (gaptek), sehingga orang tua pun saat ini sudah pandai mengakses internet baik menggunakan komputer, smartphone maupun tablet, walaupun hanya sekedar untuk bermain Facebook.
  3. Mencari barang yang sesuai dengan keinginan jauh lebih mudah jika dilakukan dengan menggunakan internet. Kita cukup buka Google, lalu mengetikkan nama barang dengan spesifikasinya, maka akan muncul banyak tawaran dari toko online. Sehingga selain lebih mudah, kita juga tidak ribet hilir mudik ke sana kemari mencari di toko yang belum tentu ada atau sesuai dengan keinginan kita. Dan sebenarnya masih banyak lagi alasan lain mengapa bisnis online sangat menjanjikan. Namun ulasan saya kali ini bukan untuk sharing apa saja alasannya, melaikan bagaimana cara bisnis online tanpa modal atau gratis dan hanya bermodal kuota internet.

cara bisnis online tanpa modal sepeserpun dari rumahCara Bisnis Online tanpa Modal

Ada beberapa model cara bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba. Tentunya menyesuaikan potensi sumber daya manusianya, yaitu keahlian pada diri kita, dan sumber daya yang ada di sekitar kita, yaitu barang atau jasa yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Beberapa peluang bisnis online yang patut Anda coba di antaranya:

  1. Dropship atau Reseller.
    Sistem dropship ini posisi kita seperti makelar, menawarkan kepada orang lain secara online, lalu jika ada pembeli, kita pesan kepada penjual aseli yang memiliki barang dagangan untuk dikirim ke alamat pembeli. Lalu bagaimana kita menawarkan barang orang lain secara online? untuk menawarkan barang secara online sangatlah mudah dan tidak harus dengan biaya alias gratis. Kita bisa menawarkan dagangan kita dengan membuka toko online gratis seperti di Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, Tribun, Olx, Indonetwork dan toko online lainnya (klik nama toko online untuk mengetahui cara mendaftarnya). Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas blog gratis seperti blogspot atau wordpress untuk memajang barang dagangan kita. Bahkan akun jejaring sosial kita seperti facebook pun bisa digunakan untuk berjualan. Jadi selama ada kemauan, di situ pasti ada kesempatan dan kesuksesan.
    Sistem reseller sama dengan dropship, bedanya kita sendiri yang mengirim barangnya ke pembeli langsung. Inilah yang ditekuni oleh teman saya yang omsetnya kini mencapai ratusan juta rupiah perbulannya. Kebetulan di samping rumahnya ada perusahaan keluarga yang membuat jamu tradisional. Lalu ia belajar membuat blog pada teman yang sekaligus guru saya ngeblog untuk menjual jamu tradisional tersebut. Ada juga teman saya yang tinggal dekat Malioboro. Ia berkeliling di Malioboro dan mengambil foto semua dagangan di sana, lalu ia menawarkannya secara online. Ketika ada yang pesan, sudah mentransfer, baru ia belikan di Malioboro dengan harga yang lebih murah lalu mengirimkannya kepada pembeli. Dan masih banyak contoh lainnya.
    Baca: Cara bikin blog gratis dengan Blogspot.
  2. Offline to Online.
    Model ini juga hampir sama dengan dropship dan reseller, hanya saja barang dagangan kita sendiri yang memiliki dan selama ini hanya dijual secara offline (pembeli datang langsung ke toko kita). Jadi, selain menawarkan dagangan langsung di toko, kita juga menawarkannya secara online dengan metode yang sama yaitu membuka toko di penyedia toko online gratis seperti yang sudah saya sebutkan di atas.
  3. Menjadi Publisher dengan Blog.
    Publisher dengan blog adalah orang yang mengiklankan barang dagangan atau jasa advertiser (pengiklan) di situs atau blog yang ia buat. Cara ini cukup membutuhkan ketekunan, keseriusan, keuletan dan pantang menyerah karena untuk menjadi publisher bukan hanya sekedar membuat blog, tapi juga yang paling penting adalah bagaimana cara mendatangkan pengunjung blog sebanyak mungkin karena semakin banyak pengunjung, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan. Contoh sederhananya adalah blog saya ini, walaupun saya juga masih tahap belajar dan perolehannya pun belum seberapa jika dibandingkan para master yang pendapatannya bisa hingga ratusan juta rupiah hanya dengan menulis artikel seperti saya ini.
    Baca: Cara mendatangkan pengunjung blog dengan cepat.
  4. Publisher dengan Video.
    Tahukah Anda bahwa apapun yang Anda rekam bisa menjadi uang? Jika Anda memiliki rekaman video yang menarik, unik, lucu atau bermanfaat, maka Anda bisa mengunggahnya ke Youtube dan mengajukan permohonan kepada Google agar dipasangi iklan hanya dengan mengklik tombol monetisasi yang ada pada akun youtube Anda. Jika berhasil, maka pada setiap video yang sudah dimonetisasi, akan muncul iklan dan setiap iklan yang diklik atau dilihat hingga selesai oleh penonton video, Anda akan mendapatkan uang yang pengambilannya pun bisa Anda lakukan di kantor pos menggunakan jasa pengiriman Western Union.
    Baca: Cara Unggah Video ke Youtube.
  5. Program Affiliasi.
    Program affiliasi adalah merekomendasikan orang lain (calon pembeli) untuk menggunakan jasa atau membeli barang pada perusahaan yang membuka program affiliasi. Anda bisa mencarinya di google dengan keyword: program affiliasi. Setelah mendaftar, kita akan diberi link sehingga ketika ada orang yang membeli jasa atau barang dagangan karena mengklik link kita, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Contoh kecilnya, coba silahkan buka blog wisatapedi.com saya, di sebelah kanan artikel terdapat kotak pencarian booking hotel. Ketika ada orang yang memboking hotel dengan menggunakan kotak tersebut, maka saya akan mendapatkan komisi dari booking.c0m.

Sebenarnya ada banyak bisnis online lainnya selain yang sudah saya paparkan di atas untuk dicoba. Namun, agar tidak terlalu banyak pilihan sehingga bingung mau memilih yang mana dan akhirnya tidak ada yang jalan, maka saya cukupkan dengan 4 cara bisnis online tanpa modal di atas saja. Yang penting ada kemauan, insya Allah akan ada jalan. Nah, gimana? mau mencoba salah satunya?

Demikianlah sharing saya seputar Cara Bisnis Online Tanpa Modal Dari Rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika Anda menyukai ulasan ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.