7 Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Alami Agar Kinclong

CaraPedi.com| 7 Cara mengkilapkan batu akik agar kinclong secara alami ini merupakan artikel lanjutan saya tentang Cara Membuat Batu Akik sendiri. Untuk mengkilapkan batu akik kita bisa menggosok batu akik dengan beberapa media tertentu. Cara mengkilapkan batu akik yang instan adalah dengan menggunakan serbuk intan yang banyak dijual murah di toko online. Namun Anda juga bisa menggunakan cara yang tradisional dan alami tanpa bahan kimia, dengan menggunakan media yang mudah ditemukan di sekitar Anda berikut ini.

7 Cara Mengkilapkan Batu Akik sampai Kinclong secara Alami

  1. Daun Pisang Kering.
    Media pertama yang paling mudah untuk ditemukan di sekitar kita adalah daun pisang kering. Cara tradisional ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. Daun pisang dipercaya mengandung senyawa yang dapat mengilapkan batu akik. Caranya ambil daun pisang kering, lalu letakkan di atas permukaan yang lunak seperti sofa, lalu gosokkan batu akik di atas daun pisang secara searah. Cara ini adalah cara favorit saya untuk mengkilapkan koleksi batu akik black jade dan panca warna saya.
  2. Abu Rokok.
    Cara mengkilapkan batu akik secara tradisional lainnya adalah dengan menggunakan abu rokok. Caranya pun cukup mudah. Ambil abu rokok yang berwarna putih. Usahakan sudah bersih dari tembakau baik yang belum terbakar atau yang sudah terbakar dan berwarna hitam. Kemudian taburkan di atas kain katun secara merata dan gosoklah batu akik secara perlahan dalam satu arah.
  3. Kulit Hewan.
    Kulit hewan juga bisa kita gunakan untuk mengkilapkan batu akik. Jadi jika Anda memiliki sabuk, dompet, sepatu atau jaket kulit yang sudah rusak yang terbuat dari kulit kambing atau sapi, bisa Anda jadikan media untuk mengkilapkan batu akik kesayangan Anda.
  4. Bambu.
    Alternative lain cara mengilapkan batu akik adalah dengan menggunakan bambu. Pertama-tama, keringkanlah bambu wulung. Setelah kering, gosokkanlah pada bagian kulit luarnya dengan sedikit-sedikit sembari diberi air. Gosokkan secara perlahan dan searah. Usahkaan tidak terlalu keras menekan karena bisa mengikis permukaan batu.
    cara mengilapkan batu akik secara tradisional dengan bambu
  5. Air Kelapa.
    Jika di rumah ibu Anda membeli kelapa utuh, pesanlah agar menyimpan air kelapanya karena bisa Anda gunakan untuk mengilatkan batu akik kesayangan Anda. Caranya cukup mudah, rendamlah batu akik Anda ke dalam air kelapa selama semalam, setelah itu keringkan dengan kain halus, maka Anda akan melihat batu akik Anda kinclong kembali.
  6. Amplas atau Kertas Pasir.
    Amplas atau kertas pasir yang biasa dikenal untuk menghaluskan permukaan kayu juga dapat digunakan untuk menghaluskan batu akik, terlebih jika baru saja dibentuk menggunakan gerinda batu. Jika Anda khawatir akan tergores atau terkikis, gunakan amplas yang paling halus yang bisa Anda beli di toko besi dan material bangunan terdekat.
  7. Grenjeng/Kertas Rokok.
    Cara ini yang biasa saya dan teman-teman saya lakukan di warung kopi. Sambil ngopi dan menghisap udud, saya biasa mengambil kertas rokok bagian depan, lalu sambil ngobrol ke sana kemari tangan sambil menggosok batu akik black jade saya pada grenjeng atau kertas bungkus rokok yang berwarna kuning keemasan atau ada juga yang berwarna silver.

Demikianlah tips Cara Mengilapkan Batu Akik Agar Kinclong secara Alami. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini, sehingga dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.