Cara Membuat Batu Akik Sendiri untuk Pemula

CaraPedi.com| Cara Membuat Batu Akik Sendiri, dari bongkahan hingga jadi – Batu akik saat ini tengah menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia baik kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Sehingga wajar jika banyak orang beramai-ramai banting setir menjadi pengerajin batu akik. Sebagian memang memiliki tujuan untuk dijual kembali, sebagian yang lain sekedar mencari kepuasan dengan memiliki batu akik karya sendiri.

Sama seperti di daerah saya, mudahnya mendapatkan batu akik membuat teman-teman beramai-ramai membeli perlengkapan untuk membuat batu akik, termasuk saya. Nah berikut saya share pengalaman saya tentang cara membuat batu akik sendiri dari mulai masih bongkahan batu hingga menjadi akik mengkilat.

Peralatan Yang Diperlukan untuk Membuat Batu Akik

  1. Mesin gerinda.
    Anda bisa membeli mesin gerinda dengan dua dudukan seharga kurang lebih Rp.400 ribu-an sudah termasuk 2 gerinda batunya. Namun, jika Anda ingin lebih hemat, maka Anda bisa memodifikasi sepeda ontel, mesin jahit atau mesin pompa air yang sudah tidak terpakai. Berikut penampakan mesin gerinda duduk:
    cara bikin batu akik dari awal sampai jadi
    Agar lebih mudah dalam membuat batu akik, bukalah penutup batu gerinda yang berwarna hitam seperti terlihat pada gambar di atas.
  2. Mata Pisau Gerinda Potong.
    Jika Anda sudah memiliki mesin gerinda dengan dudukan ganda tersebut, maka Anda tidak perlu lagi membeli mesin gerinda potong (handled/pegangan), tapi cukup membeli mata pisaunya saja. Harganya berkisar antara Rp.15 ribu hingga Rp.150 ribu an.
  3. Penggaris Mal.
    Bagi Anda yang masih pemula, tentu akan kesulitan untuk membentuk batu dalam bentuk lonjong atau oval. Jadi agar hasilnya lebih presisi (tepat), maka sebaiknya belilah penggaris mal untuk membuat garis sebelum kita mulai membentuknya seharga Rp.15 ribu-an. Peralatan dari nomor 1 hingga 4 bisa Anda dapatkan di toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak.
  4. Spidol Permanen.
    Jika sudah memiliki penggaris mal, maka tentu alat wajib berikutnya adalah spidol permanen untuk membuat mal atau garis di batu yang akan kita bentuk. Menggunakan spidol permanen ini berguna agar tidak hilang jika terkena air karena dalam proses pembentukannya, kita harus menggunakan air agar tidak mudah pecah atau retak karena panas yang ditimbulkan akibat gesekan batu akik dengan mata pisau atau gerinda.
  5. Amplas.
    Amplas berfungsi untuk meratakan dan mengilatkan batu akik yang telah selesai kita bentuk dengan gerinda. Ada bermacam-macam jenis amplas tergantung dari kehalusannya. Untuk membentuk sehingga menjadi rata dan mengkilap, kita perlu 3 jenis amplas yaitu amplas nomor 100, nomor 200 dan nomor 1000 yang bisa kita beli di toko bangunan terdekat.
  6. Lem Alteco atau Korea.
    Lem ini berguna untuk melekatkan bambu yang kita buat menyerupai sumpit agar menempel di bagian bawah batu akik. Dengan cara ini, kita bisa membentuk batu akik dengan mudah tanpa takut terkena batu gerinda.

Baca juga: 7 Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Alami

Cara Membuat Batu Akik Sendiri

  1. Potonglah Menjadi Kepingan.
    Potonglah bongkahan batu menjadi beberapa bagian dengan gerinda potong hingga sekiranya mudah untuk mulai kita bentuk, bisa berbentuk kotak atau persegi panjang menyesuaikan dengan bentuk bongkahan batunya dan juga ukuran batu yang akan kita buat. Jika bongkahan dalam bentuk besar, maka potonglah dari keempat sisi sehingga potongan melingkar, ketika sudah tinggal sedikit, belahlah dengan beghel atau logam serupa lainnya agar lebih efektif, seperti terlihat di bawah ini:
    cara membuat batu akik sendiri 1 - memotong batu
  2. Buatlah Mal.
    Kemudian, buatlah mal dengan penggaris mal dan spidol permanen untuk membentuk garis agar lebih memudahkan kita dalam membentuk batu.
    cara membuat batu akik sendiri langkah 2 - mal batu
  3. Gerindalah Batu.
    Jika sudah diberi garis, maka kita bisa mulai membentuk batu dengan terlebih dahulu mengikis batu mengikuti pola garis yang sudah kita buat dengan gerinda batu atau gerinda potong. Sisi luar gerinda potong juga dapat digunakan untuk mengikis batu agar terbentuk mengikuti mal. Usahakan bagian atas dan bawah sama. Jika panjang, Anda bisa membelahnya lagi menjadi dua sehingga Anda bisa membuat dua batu akik. Setelah bagian dasar batu akik terbentuk sesuai pola, barulah kita mulai mengikis sudut-sudut batu sehingga terlihat tanpa sudut dengan menempelkan bambu sekecil sumpit dengan lem korea agar lebih mudah.
    cara membuat batu akik sendiri langkah 3 - bentuk batu
  4. Finishing.
    Langkah terakhir agar permukaan batu bisa lebih berbentuk manis, adalah dengan menggosoknya dengan menggunakan amplas pasir. Caranya potonglah amplas menjadi bulat sesuai ukuran batu gerinda, lalu tempelkan ke batu gerinda dengan menggunakan double tip, lalu nyalakan mesin gerinda dan haluskan. Pertama-tama gunakan amplas nomor 100 untuk meratakan permukaan batu akik yang belum rata dan bergelombang setelah dibentuk dengan batu gerinda. Setelah itu ganti amplas dengan nomor 200 dan terakhir untuk memperoleh hasil yang sempurna dan mengkilap gunakan amplas nomor 1000.
    cara membuat batu akik sendiri dari nol sampai jadi

Demikianlah tips dan info singkat tentang bagaimana cara membuat batu akik sendiri. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehigga dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.