Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner Tool

CaraPedi.com| Cara riset keyword dengan Google Keyword Planner Tool ini biasanya digunakan untuk melihat apakah kata kunci yang akan digunakan sebagai domain untuk membangun sebuah blog baru memiliki peluang mendatangkan pengunjung yang besar atau tidak. Kita bisa mengetahui berapa kali rata-rata kata kunci atau keyword tersebut digunakan oleh para browser di dunia maya setiap bulannya, sehingga kita bisa membeli domain yang tepat dan memiliki peluang untuk menjadi blog dengan pengunjung yang banyak.

Selain itu, setelah kita memiliki domain yang sesuai dengan niche atau tema blog, kita juga bisa menggunakan Google Keyword Planner Tool sebagai alat untuk membuat artikel baru. Misalnya, kita ingin membuat artikel tentang review sebuah handphone, maka yang menjadi pertanyaan, kata kunci atau keyword apakah yang paling sering digunakan oleh browser di mesin pencari seperti Google, apakah handphone atau hp. Nah kita bisa menggunakan GKP ini untuk riset terlebih dahulu untuk menentukannya. Oke, sekarang mari kita praktikkan bagaimana cara riset keyword dengan Google Keyword Planner Tool ini.

Cara riset keyword dengan Google Keyword Planner Tool

Sebagai simulasi, semisal kita akan membuat blog seputar (niche) tutorial komputer, maka kita harus riset dulu apakah benar dengan kata kunci “komputer” ini kita bisa berpeluang untuk mendapatkan pengunjung yang besar. Nah untuk itu kita harus mencari kata kunci lain yang identik dengan komputer seperti “PC” dan “laptop”, sehingga sekarang kita memiliki 3 kata kunci untuk riset keyword.

  1. Pertama-tama silahkan kunjungi situs Google Keyword Planner Tool [klik saja]. Kemudian login dengan akun gmail Anda dengan klik kata “sign in” di sebelah kanan atas.
  2. Jika sudah login, maka akan muncul tampilan seperti terlihat di bawah ini:
    Klik gambar untuk memperbesar:
    cara riset keyword google
    Keterangan:
    1). Klik tombol Tool.
    2). Kemudian pada bagian Plan your budget and get insights for keywords, klik Get search volume data and trends sehingga muncul kolom seperti terlihat di atas.
    3). Masukkan beberapa kata kunci yang Anda inginkan. Dalam contoh ini kita masukkan kata: komputer, laptop dan pc dalam baris yang berbeda (gunakan tombol enter untuk membuat baris baru).
    4). Kemudian klik tombol Get search volume.
  3. Setelah itu akan muncul hasil yang kita inginkan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    Klik gambar untuk memperbesar.
    cara menggunakan google planner
    Keterangan:

    • Dari ketiga kata kunci atau keywrod yang akan kita gunakan, ternyata kata “laptop” mempunyai permintaan pasar paling tinggi. Rata-rata perbulan mencapai 1 juta pengguna yang menggunakan kata laptop dari pada pc atau komputer. Bahkan komputer yang rencana akan kita ambil untuk dijadikan domain blog malah menempati ranking terendah yaitu tidak sampai 100 ribu perbulannya.
      Dengan begitu kita bisa langsung mencari domain yang mengandung kata laptop di dalamnya, misal: laptopmania.c0m, tentanglaptop.c0m, dan lain sebagainya, atau bisa juga dengan kombinasi dengan kata PC yang juga memiliki tingkat pencarian tinggi di Google, seperti menjadi pclaptop.c0m atau laptoppc.c0m. Bahkan dengan kombinasi kata tersebut, kita bisa mendapatkan 2 kata kunci atau keywords dengan high demand sekaligus.
    • Jika ingin mencari kata kunci yang lainnya, maka kita tinggal mengganti kata yang sudah ada di bawah tulisan enter keywords dengan kata kunci yang lain dengan dipisahkan dengan tanda koma kemudian klik sekali lagi tombol Get search volume, maka hasil riset baru akan muncul.

Artikel lanjutan yang wajib dibaca:

Demikianlah penjelasan saya tentang bagaimana Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner Tool. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon dengan sangat memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar saya lebih bersemangat lagi untuk berbagi sedikit pengetahuan yang saya miliki. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.