Cara Merubah/Mengganti Password Email GMail dan Yahoo

CaraPedi.com| Cara Merubah atau Mengganti Password Email Gmail dan Yahoo – Terkadang kita harus merubah atau mengganti password email kita agar data dan email masuk yang penting bisa terjaga dari tangan-tangan usil. Karena kadang kita tidak sengaja ketika sedang membuka email di warung internet kita lupa tidak log out atau keluar. Sehingga ketika ada orang lain yang menggunakan komputer yang sama dan kemudian membuka email dengan hosting yang sama yang disediakan oleh Google yaitu Gmail atau Yahoo misalnya, maka akan secara otomatis masuk ke akun email kita tanpa perlu memasukkan password.

Jika sudah demikian, maka sebaiknya kita segera mengganti password melalui smartphone Android atau warnet terdekat sehingga ketika ada orang lain yang membukanya, akan secara otomatis meminta password baru yang telah Anda buat.

A. Cara Merubah Password Email GMail.

  1. Kunjungi situs GMail.com [klik saja] kemudian login seperti biasa dengan memasukkan alamat email dan password yang masih digunakan saat ini.
  2. Setelah masuk, segeralah klik foto profil yang berbentuk bulat di sebelah pojok kanan atas sehingga muncul toolbar seperti di bawah ini lalu klik tulisan Akun:
    cara merubah password gmail step 1
  3. Setelah itu akan muncul halaman baru yang salah satu menunya adalah Masuk. seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Arahkan mouse ke area yang terdapat kata Sandi lalu klik.
    [klik gambar untuk memperbesar]
    cara mengganti password gmail
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan password lama untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik akun yang sah.
  5. Setelah berhasil memasukkan password yang masih berlaku, barulah akan muncul toolbar baru untuk memasukkan password Gmail Anda yang baru. Lihat gambar:
    cara mengganti password gmail step 3
    Masukkan kata sandi yang baru pada kolom yang tersedia. Jika takut salah ketik klik tombol mata yang terdapat di samping kanan sehingga password akan muncul dalam bentuk huruf, angka atau karakter. Buatlah password yang mudah diingat tapi memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Jadi pastikan kata yang muncul setelah Kerumitan sandi adalah Rumit seperti terlihat pada kotak berwarna merah di atas. Setelah itu ulangi kata sandi yang baru di kolom Ulangi sandi baru lalu klik tombol UBAH SANDI. Selesai.

B. Cara Merubah Password Email Yahoo.

Secara keamanan, Yahoo bisa dikatakan lebih rentan jika dibandingkan Gmail karena ketika kita ingin mengganti password, Yahoo tidak lagi meminta kita untuk memasukkan password yang masih berlaku sebagai langkah verifikasi apakah yang akan mengganti password adalah pemilik yang sah atau bukan. Jadi, akan lebih berbahaya jika orang lain yang berniat jahat tidak sengaja bisa masuk ke akun Yahoo Anda yang karena Anda lupa tidak meng-log-outnya. Jadi pastikan Anda selalu log out akun Email Yahoo Anda dan berikut cara mengganti password email Yahoo:

  1. Pertama-tama silahkan login terlebih dahulu ke akun Email Yahoo Anda seperti biasanya atau langsung klik https://mail.yahoo.com/. Kemudian klik icon atau bentuk Gir yang terdapat pada pojok kanan sehingga muncul dropdown lalu pilih Pengaturan dengan cara mengkliknya. Lihat gambar:
    cara merubah sandi yahoo
  2. Setelah itu akan terbuka jendela baru secara otomatis seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Lalu pilih menu Account yang terdapat pada sebelah kiri tampilan kemudian klik pada tulisan: Mengubah kata Sandi Anda.
    [klik gambar untuk memperbesar]
    cara merubah password yahoo mail
  3. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan password atau kata sandi yang baru Anda pada kolom yang tersedia dan mengulanginya lagi pada dua kolom di bawahnya. Jika takut salah ketik klik kotak kecil di depan kata: Tampilkan kata sandi, lalu klik Lanjutkan untuk menyimpannya. Selesai.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara merubah atau mengganti password atau kata sandi email di GMail dan Yahoo. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai penjelasan ini, mohon berikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.