Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal (Pria dan Wanita)

CaraPedi.com| Rumus cara menghitung berat badan yang ideal – Memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Bentuk tubuh yang terlalu kurus atau sebaliknya terlalu gemuk tentu akan mengurangi penampilan Anda dan tidak jarang berpengaruh pada rasa percaya diri kita dalam bekerja dan bergaul.

Bahkan dalam dunia kerja, banyak perusahaan swasta dan juga instansi pemerintah yang menuntut para pelamar kerjanya untuk tidak hanya memiliki tinggi badan yang ideal tapi juga berat badan yang ideal. Lalu bagaimana rumus berat badan yang ideal? Yang jelas bahwa tinggi badan dan berat badan sinkron dan proporsional. Artinya jika Anda termasuk orang yang kurus, maka Anda harus mencoba cara meningkatkan berat badan secara sehat. Namun jika Anda adalah orang yang gemuk atau gendut, maka tentu harus berupaya mencari segala cara menurunkan berat badan secara sehat pula.

cara menghitung berat badan yang ideal untuk laki-laki dan perempuan

Lalu pada berat berapa kilogram tubuh Anda sudah bisa dikatakan ideal? Berat badan ideal pada seseorang juga tergantung apakah dia laki-laki atau perempuan. Artinya rumus cara menghitung berat badan yang ideal untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Hal ini karena perempuan memiliki tingkat kadar lemak lebih tinggi daripada laki-laki, sedangkan laki-laki memiliki massa otot dan tulang yang relative lebih berat. Sehingga wajar jika ada 2 orang laki-laki dan perempuan yang jika dilihat secara kasat mata tinggi dan besarnya sama, setelah ditimbang laki-laki jauh lebih berat.

Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal.

  1. Rumus Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal untuk Pria.
    Berat badan ideal pada pria = (Tinggi badan (cm) – 100) – (10% x Tinggi badan – 100)
    Contoh:
    Jika tinggi seorang pria adalah 170 cm, maka berat badan idealnya adalah:
    (170 – 100) – (10% x Tinggi badan – 100)
    70 – (10% x 170-100)
    70 – (10% x 70)
    70 – 7 = 63 kg.
  2. Rumus Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal untuk Perempuan.
    Berat badan ideal pada wanita = (Tinggi badan (cm) – 100) – (15% x Tinggi badan – 100)
    Contoh:
    Jika tinggi seorang perempuan adalah 150 cm, maka berat badan idealnya adalah:
    (150 -100) – (15% x tinggi badan – 100)
    50 – (15% x 150 – 100)
    50 – (15% x 50)
    50 – 7,5 = 42,5 kg.

Demikianlah tips cara menghitung berat badan yang ideal baik untuk laki-laki maupun perempuan. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka tips ini mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga teman jejaring social Anda juga dapat membaca tips ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.