Cara Beli atau Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

CaraPedi.com| Cara Beli atau Pesan Tiket Kereta Api Online – Pembelian tiket kereta api baik eksekutif, bisnis maupun ekonomi sekarang bisa dilakukan secara online melalui internet. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi Anda yang berencana berpergian dengan menggunakan kereta api tanpa harus mengantri di loket dan bisa langsung booking jauh-jauh hari sebelumnya, dan yang jelas bebas dari praktik percaloan yang menjual harga tiket hingga terkadang mencapai dua kali lipat terutama pada masa libur atau mudik lebaran.

Cara Beli atau Pesan Tiket Kereta Api Secara Online:

  1. Kunjungi situs resmi PT.KAI di https://tiket.kereta-api.co.id [Klik saja], lalu tentukan:
    • Tanggal Keberangkatan
    • Stasiun Asal
    • Stasiun Tujuan
    • Jumlah penumpang. Isi jumlah Dewasa dengan penumpang dewasa dan isi jumlah Infant untuk anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun. Lalu klik tombol Tampilkan.
  2. Setelah itu akan muncul jadwal keberangkatan kereta api dengan disertai daftar harga tiket. Pilih salah satu kereta yang Anda inginkan dengan klik salah satu tombol Booking menyesuaikan dengan kelas dan harga yang Anda inginkan:

    cara pesan tiket kereta api secara online di internet

  3. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pemesanan tiket berisi jumlah penumpang untuk memastikan Anda tidak salah dalam memasukkan jumlah penumpang. Untuk melanjutkan jangan lupa centang kotak kecil dengan yang berada di sebelah kiri tulisan: Dengan ini saya setuju dan mematuhi persyaratan dan ketentuan reservasi.. dst, dengan cara mengkliknya lalu, klik tombol Lanjutkan.

    cara pesan tiket kereta api melalui internet

  4. Kemudian isi data penumpang seperti terlihat pada gambar di bawah ini [klik gambar untuk memperbesar]. Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah dalam memasukkan alamat email, karena alamat email tersebut yang nantinya akan dikirimi pesan terkait dengan pemesanan Anda. Jika belum punya alamat email, silahkan baca: Cara Singkat Membuat Email, karena Anda wajib memasukkan alamat email. Jika sudah terisi klik tombol Selanjutnya.

    cara beli tiket kereta api di internet

    Note: Jika Anda pergi bersama dengan anak-anak yang belum memiliki kartu identitas seperti KTP, maka Anda bisa menggunakan nomor NIK yang terdapat di kartu Keluarga seperti terlihat di bawah ini:

    cara booking tiket kereta api online kartu keluarga

  5. Pada halaman berikutnya, akan ditampilkan informasi nama penumpang beserta dengan tempat duduknya. Anda dapat mengatur tempat duduk Anda dan penumpang yang berangkat bersama Anda dengan klik tombol Pindah. Setelah itu Anda tinggal menentukan metode pembayaran dengan memilih salah satu Tipe Pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda gunakan, seperti melalui ATM, Kartu Kredit, pembayaran di Indomaret, kantor pos dan perusahaan lain yang bekerja sama dengan PT. KAI. Jika Anda ingin membayar via ATM, maka Anda harus memilih ATM, kemudian klik Lanjutkan.
  6. Kemudian catat Kode Pemesanan atau pembayaran Anda seperti terlihat pada gambar bawah ini, karena akan dibutuhkan ketika Anda melakukan pembayaran baik di ATM maupun minimarket yang telah bekerja sama dengan PT.KAI.

    cara beli atau pesan tiket kereta api via atm

    Adapun beberapa ATM yang telah memiliki menu untuk pembayaran pemesanan tiket kereta api online di antaranya adalah milik: Bank Mandiri, Bank BRI,  BRI Syariah, Bank BNI, Bank BCA, Bank CIMB Niaga. Sedangkan untuk minimarket yang dapat menerima pembayaran booking tiket secara online antara lain: Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson dan Alfa Expres.

  7. Langkah terakhir, Anda harus print out tiket sendiri di stasiun pada komputer yang telah disediakan dengan memasukkan kode pemesanan yang terdapat di struk pembayaran. Jadi pastikan Anda datang setengah jam sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi antrian print out tiket.
  8. Pada saat akan masuk ruang tunggu (peron) dan di atas kereta, Anda akan diminta untuk menunjukkan tiket beserta kartu identitas yang telah diprint tersebut kepada petugas. Bagi penumpang anak-anak, Anda tidak perlu menunjukkan kartu identitasnya.

Catatan (Respon dari pertanyaan di kolom komentar):

  • Jika tidak tersedia tombol booking (lihat langkah 2) pada saat melakukan reservasi, itu karena 3 hari sebelum keberangkatan, reservasi melalui situs resmi PT. KAI sudah tidak dilayani. Jadi Anda harus booking maksimal 4 hari sebelum keberangkatan.
  • Dalam satu kali pemesanan hanya bisa dilakukan maksimal untuk 4 orang saja. Jadi jika lebih dari empat harus dilakukan pemesanan lebih dari 1 kali. Hal ini sudah saya konfirmasi ke pihak PT. KAI di call center 121 (jabodetabek) 021121 (luar jabodetabek). Anda juga bisa reservasi melalui call center tersebut, tapi dikenai pulsa reguler (mahal).

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara beli atau pesan tiket kereta api secara online. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai informasi ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga teman jejaring sosial Anda juga dapat memperoleh informasi ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.