Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM Mandiri, BRI dan BNI

CaraPedi.com| Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM Mandiri, BRI dan BNI sebenarnya memiliki mekanisme yang sama, hanya bagi yang belum pernah tentu belum tahu langkah-langkah dalam memilih menu di mesin ATM dengan benar. Sebagaimana aturan yang berlaku, pembayan iuran atau tagihan premi anggota BPJS paling lambat harus sudah dibayar pada tanggal 10 setiap bulannya. Jika lewat tanggal tersebut akan dikenakan denda sebesar 2% dari total iuran tiap bulannya

Untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran iuran peserta, BPJS kini telah bekerjasama dengan beberapa bank plat merah yaitu Bank Mandiri, BRI, dan BNI sehingga Anda dapat melakukan pembayaran iuran bulanan via ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automatic Teller Machine) tanpa harus mengantri di kantor pelayanan yang menerima pembayaran iuran BPJS seperti kantor pos misalnya. Tapi untuk bank lain seperti BCA memang belum ada kerjasama.

Artikel terkait: Cara Mendaftarkan Anggota Keluarga ke BPJS Kesehatan. Note: iuran untuk anggota keluarga hanya 1% dari gaji bulanan peserta, jadi pastikan Anda mendaftarkan anggota keluarga yang lain.

A. Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM Mandiri:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN Mandiri Anda dan pilih bahasa Indonesia.
  2. Lalu pilih menu Bayar/Beli lalu pilih menu Lainnya.
  3. Kemudian pilih menu: BPJS dan pilih salah satu jenis keanggotaan apakah BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Selanjutnya pilih menu: Individu jika Anda bukanlah perusahaan atau pilih Badan Usaha bagi anda yang ingin membayarkan karyawan sebuah perusahaan.
  5. Kemudian masukkan kode 89888 (kode untuk Bank Mandiri) diikuti langsung dengan 11 digit nomor virtual account BPJS (dari belakang, lihat gambar)  yang tertera pada kartu BPJS Anda lalu tekan Benar.
    cara bayar iuran bpjs lewat atm bri
    Contoh jika pemilik kartu BPJS ini membayar via ATM, maka kode yang harus ia masukkan menjadi: 8988801260979209.
  6. Lalu masukkan jumlah bulan yang akan dibayarkan, jika ingin membayar 2 bulan sekaligus misalnya, maka tekan angka 2 lalu tekan Benar.
  7. Langkah terakhir adalah mengkonfirmasi pembayaran Anda dengan tekan Angka 1 lalu tekan Ya. Selesai.

B. Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM BRI:

  1. Masukkan kartu > Pilih Bahasa > ketik PIN ATM.
  2. Selanjutnya pilih menu: Transaksi Lain yang ada di pojok kanan paling bawah.
  3. Lalu pilih menu Pembayaran > Lainnya > BPJS.
  4. Berikutnya pilih jenis keanggotaan Anda apakah BPJS Kesehatan untuk perorangan atau BPJS Ketenagakerjaan untuk pembayaran karyawan perusahaan.
  5. Kemudian masukkan kode 88888 (kode untuk Bank BRI) diikuti langsung dengan 11 digit nomor virtual account BPJS dari belakang yang tertera pada kartu BPJS Anda (lihat gambar kartu anggota BPJS di atas) sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini, lalu tekan Benar.
    cara bayar iuran bpjs lewat atm
  6. Akan muncul informasi tagihan iuran BPJS meliputi tipe BPJS, nama peserta, dan jumlah tagihan pada bulan ini. Jika informasi yang tertera sudah benar, untuk melanjutkan tekan YA.
  7. Kemudian masukkan jumlah besaran iuran yang akan dibayar sesuai dengan kelasnya atau yang tertera pada layar sebelumnya. Sekedar mengingatkan untuk iuran kelas 1 = 59.500, kelas 2 = 42.500 dan kelas 3 = 25.500, kemudian tekan Benar.
  8. Terakhir akan muncul konfirmasi pembayaran meliputi informasi: tipe BPJS, nama peserta, jumlah tagihan dan jumlah pembayaran. Tekan Ya untuk membayar. Selesai.

C. Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM BNI:

  1. Masukkan Kartu Atm BNI > pilih bahasa dan masukkan PIN.
  2. Selanjunya pilih Menu Lain > Pembayaran > Menu Berikutnya > Menu Berikutnya (dua kali)
  3. Lalu pilih menu: JKN/BPJS Kesehatan.
  4. Kemudian masukkan kode 88888 (kode untuk Bank BNI) diikuti langsung dengan 11 digit nomor virtual account BPJS dari belakang yang tertera pada kartu BPJS Anda (lihat pada gambar kartu anggota BPJS dan tampilan layar mesin ATM di atas), lalu tekan Benar.
  5. Berikutnya masukkan jumlah bulan yang akan Anda bayarkan, misalnya Anda ingin membayar tagihan untuk 1 bulan maka tekan angka 1, sehingga muncul informasi tagihan BPJS Kesehatan Anda lalu tekan YA.
  6. Pilih rekening untuk pembayaran apakah akan menggunakan, Giro, Tabungan atau Kartu Kredit. Selesai.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana Cara Bayar Iuran BPJS Lewat ATM Mandiri, BRI dan BNI. Semoga bermanfaat, dan jika Anda menyukai informasi ini, mohon berikan like, twit atau komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.