Cara Transfer File dari PC ke Android tanpa Kabel Data

CaraPedi.com| Cara Transfer File dari PC ke Android atau Iphone tanpa kabel data ini sering saya gunakan untuk mengirim file berupa foto hasil editan photoshop untuk saya jadikan foto profil BBM. Dengan cara ini otomatis juga sudah mengakomodir Cara Transfer File dari Android atau iPhone ke PC. Sehingga kita bisa gunakan untuk transfer file dari Android atau iphone ke PC dari hasil tangkapan layar handphone ke laptop untuk dijadikan foto artikel. Just like on this article. Yang terpenting adalah laptop dan smartphone Anda baik itu Android, Iphone maupun Blackberry Anda harus memiliki akses internet.

Lalu bagaimana cara transfer file dari Android atau iphone ke PC ini bekerja? kita menggunakan layanan penyimpanan data gratis yang disedikan oleh dropbox. Dengan menggunakan cara ini, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kita gunakan daripada jika menggunakan kabel data atau software tertentu:

  1. Tanpa kabel.
    Sering tancap dan cabut kabel data tentu akan berpengaruh pada soket Android Anda. Jika terlalu sering dilakukan selain tidak praktis tentu bisa membuat soket smartphone kesayangan Anda rusak.
  2. Backup Online.
    Satu hal yang saya suka dari cara ini adalah ketika kita mencopy file ke folder Dropbox dari komputer atau Android kita, maka sudah secara otomatis terupload sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan data penting seperti skripsi karena ketika data hilang yang disebabkan virus atau sebab lainnya kita tinggal ambil di folder dropbox.

A. Setting Awal.

  1. Langkah pertama adalah dengan menginstal aplikasi dropbox pada PC komputer/laptop Anda. Untuk download aplikasinya dari laptop silahkan klik DI SINI. Setelah itu lakukan instalasi dan sign up (daftar) untuk membuat akun dengan menggunakan email Anda hingga selesai dan muncul icon dropbox di sebelah kanan bawah layar komputer Anda:
    cara transfer data dari pc ke iphone
  2. Kemudian instal juga aplikasi dropbox pada smartphone Anda. Jika Android, maka buka google play Anda lalu ketik “dropbox” pada kolom search. Jika Blackberry, ketik “connect to dropbox“. Lalu login dengan menggunakan akun yang Anda gunakan ketika instal dropbox di komputer.

B. Cara Transfer Data/File Dari Android ke PC atau sebaliknya.

Sebagai contoh, saya akan mentransfer foto dari smartphone saya ke laptop untuk saya jadikan foto artikel ini.

  1. Buka aplikasi dropbox di smartphone Anda, lalu klik tulisan “lihat file” yang berada didasar layar, sehingga muncul folder penyimpanan Anda di Dropbox. Jika baru tentu akan terlihat kosong.
  2. Untuk mulai transfer, klik tulisan “Dropbox” yang berada di sebelah kiri bawah layar, sehingga terbuka semua folder tempat penyimpanan di handphone, memori card maupun di dropbox seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Ambil data atau file di folder yang Anda gunakan untuk menyimpan data tersebut dengan cara meng-Copy, lalu pastekan di folder Dropbox.
    cara transfer data dari bb ke pc
  3. Jika proses transfer telah berhasil, maka Anda akan melihat notifikasi (pemberitahuan) yang muncul pada icon dropbox di dasar layar sebelah kanan komputer Anda:cara transfer file dari iphone ke pc
    Anda cukup klik pada notifikasi tersebut atau pada icon dropbox untuk membuka file yang telah berhasil ditransfer. Jika ingin transfer file dari komputer ke Android, maka Anda hanya perlu copy file yang dimaksud dan paste di folder dropbox yang berada di komputer Anda. Selesai, mudah bukan?

Demikianlah tutorial tentang bagaimana cara transfer file dari PC ke Android dan sebaliknya tanpa kabel. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka penjelasan ini, mohon share kepada teman Anda dengan klik tombol like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.