Cara Memendekkan Alamat URL dan Melihat Statistiknya

CaraPedi.com| Cara Memendekkan Alamat URL – Terkadang kita menjumpai alamat dari sebuah artikel dalam sebuah situs sangat panjang sekali sehingga ketika mensharenya di jejaring sosial seperti twitter akan mengurangi jatah karakter yang hanya tersedia 160 characters saja. Sebenarnya kita bisa memendekkan alamat artikel di internet tersebut menjadi beberapa karakter saja, istilahnya mens-shrink atau shorten atau menyusutkan URL sehingga kita tidak kehabisan jatah character.

Cara ini juga sangat bermanfaat bagi para blogger terutama yang ingin menshare artikel terbarunya melalui media jejaring sosial seperti facebook, google plus dan twitter karena selain lebih simple, kita juga dapat melihat statistik berapa kali URL yang kita share diklik oleh orang lain. Sekedar pengetahuan bagi Anda, bahwa yang dimaksud URL adalah URL singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Baiklah, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memendekkan alamat URL artikel atau gambar di internet dengan menggunakan fasilitas dari Google:

  1. Langkah pertama adalah mengCopy alamat artikel, gambar ataupun video yang terdapat pada browser Anda dengan mem-blok url dan klik kanan tepat di atas url, lalu pilih COPY pada toolbar yang muncul:
    cara memendekkan atau menyusutkan alamat url suatu artikel di internet
  2. Kemudian kunjungi Google URL Shortener dengan ketik di browser Anda: goo.gl (untuk saat ini bisa langsung klik saja).
  3. Setelah muncul halaman utama Google URL Shortener, Anda bisa langsung mempaste-kan alamat URL yang Anda copy sebelumnya ke dalam kotak Paste your long URL here kemudian klik tombol Shorten URL yang berada tepat disampingnya. Namun jika suatu saat Anda juga ingin tahu berapa jumlah klik terhadap URL yang telah dipendekkan tersebut setelah Anda share, maka Anda harus login dengan menggunakan akun Google atau Gmail Anda dengan menekan tulisan Sign in yang berada di sebelah kanan atas. Jika Anda belum memiliki akun gmail, silahkan baca cara daftarnya DI SINI.
    cara menyusutkan atau memendekkan url
  4. Nah, sekarang Anda telah berhasil memendekkan url dan siap untuk dishare ke jejaring sosial, email dan media lainnya dengan cara mengcopy SHORT URL seperti yang saya beri kotak merah. Di bawahnya, terdapat satu alamat url artikel carapedi yang telah saya share di jejaring sosial dan telah diklik sebanyak 315 kali oleh para follower carapedi.com.

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara memendekkan alamat URL sebuah artikel, gambar atau video di internet. Semoga bermanfaat. Dan jika Anda suka artikel ini, mohon berikan like, twit atau komentarnya di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.