Cara Aktivasi dan Daftar Internet Banking Mandiri di ATM

CaraPedi.com|  Cara Aktivasi dan Daftar Internet Banking Mandiri di ATM ini terbilang lebih cepat dan efektif karena tidak perlu mengantri di bank Mandiri terdekat untuk bertemu customer service agar bisa menikmati fasilitas internet banking Mandiri. Pada saat menulis artikel ini, saya sendiri baru saja pulang dari daftar internet banking Mandiri via ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Automatic Teller Machine). Karena berhasil, maka saya pun mencoba share pengalaman saya ini dengan harapan Anda dapat mengambil manfaatnya.

Pendaftaran internet banking Mandiri di ATM pada dasarnya memiliki dua tahapan. Tahap pertama adalah pendaftaran di mesin ATM itu sendiri dan tahap kedua adalah aktifasinya di situs resmi ib.Mandiri.co.id sebagai tindak lanjut dari pendaftaran di mesin ATM.

A. Pendaftaran Internet Banking Mandiri di ATM.

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin ATM lalu ketik nomor PIN Anda.
  2. Pada menu utama pilih menu Transaksi Lainnya > Pendaftaran E-Banking > Internet Banking.
  3. Lalu pilih Setuju (terhadap syarat dan ketentuan penggunaan internet banking Mandiri).
  4. Buatlah password internet banking Anda sebanyak 6 digit (agar tidak terlalu lama sebaiknya persiapkan dari rumah). Jika sudah yakin tekan tombol Benar.
  5. Masukkan password sekali lagi (untuk memastikan password yang Anda buat sudah benar). Jika sudah yakin tekan tombol Benar sekali lagi.
  6. Jika berhasil maka akan muncul layar yang berisi pemberitahuan bahwa pendaftaran internet banking Mandiri di ATM Anda telah berhasil dilakukan, dan untuk mengakhiri cukup tekan tombol Selesai. Anda tinggal melanjutkan pada langkah berikutnya yaitu aktivasi melalui website atau situs resmi internet banking Mandiri.

B. Aktivasi Internet Banking Mandiri di Website bank Mandiri.

  1. Setelah berhasil mendaftar di ATM, maka langkah selanjutnya adalah mengunjung situs resmi Bank Mandiri. Ketik saja di Google: “ib banking mandiri” jika Anda tidak hafal alamat situsnya atau untuk saat ini Anda bisa langsung klik: ib.bankmandiri.co.id.
  2. Kemudian klik tulisan: Silahkan klik di sini yang terdapat di bawah judul Pengguna Baru / Registrasi Ulang.gambar untuk cara daftar internet banking mandiri di atm
  3. Setelah itu klik tombol Setuju lalu masukkan Access ID Anda dan Access Code Internet Banking Anda. Access ID adalah 16 digit nomor yang terdapat pada kartu ATM Anda. Sedangkan Access Code Internet Banking adalah password yang berupa 6 digit nomor yang telah Anda buat pada mesin ATM (lihat pada poin A nomor 4 dan 5).
  4. Jika sudah terisi dengan benar, kemudian klik tombol Aktifkan.
  5. Nah, pada isian kolom inilah Anda diminta untuk membuat User ID dan Password baru yang akan Anda gunakan setiap kali Anda akan login ke akun internet Banking Mandiri Anda. User ID harus berupa kombinasi huruf dan angka sebanyak 6 – 10 karakter, misal: 77carapedi. Sedangkan Password harus berupa angka sebanyak 6 digit, misal: 123456. Tapi ingat jangan sekali-kali membuat password dengan angka urut seperti contoh yang saya berikan, buatlah yang agak rumit tapi mudah diingat. Lalu klik “Aktifkan“.

Jika tidak ada yang salah, maka seharusnya kini Anda telah memiliki akun internet Banking Mandiri.
Namun yang Anda perlu ketahui adalah bahwa untuk melakukan transaksi finansial, maka Anda harus datang ke Customer Service bank Mandiri terdekat untuk membeli alat seperti kalkulator kecil (Token) untuk melakukan transaksi finansial. Harganya 20 ribu. Jadi saat ini Anda baru bisa menggunakan IB Banking Mandiri untuk melihat Saldo atau mutasi rekening dan semua yang bersifat informasi.
Jika Anda sudah beli Token ib Banking tapi bingung bagaimana cara menggunakannya untuk transfer, beli pulsa, bayar tagihan listrik dan lain sebagainya silahkan baca artikel saya tentang: Cara Menggunakan Internet Banking Mandiri.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Aktivasi dan Daftar Internet Banking Mandiri di ATM. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka artikel ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.