Cara Wire Transfer Adsense ke Rekening Bank Lokal

CaraPedi.com| Cara Wire Transfer Adsense ke Rekening Bank Lokal – Google Adsense merupakan salah satu ladang uang bagi para pebisnis online. Bisnis online yang satu ini cukup menarik karena hanya butuh modal kecil dan ketekunan serta semangat pantang menyerah bisa mendapatkan passive income bulanan yang melebihi gaji seorang pegawai negeri sipil.

Pembayaran Google Adsense pun bisa dilakukan dengan tiga metode: Western Union, Wire Transfer dan Cek. Dari ketiga model pembayaran tersebut, yang paling banyak adalah Western Union, namun jika menggunakan metode WU, biasanya pembayarannya akan terlambat jika tanggal 22 – 25 adalah hari sabtu dan minggu (weekend) terlebih jika long weekend seperti pada saat Natal, karena pada saat itu pegawai Google atau WU sedang libur. Bagi Anda yang tidak terlalu butuh uang mungkin tidak begitu masalah bersabat menunggu hingga lewat tanggal 25, tapi bagi yang sedang sangat Butuh Uang (BU), tentu hal ini tidak menyenangkan. Lalu metode apa yang bisa digunakan tanpa harus terganggu dengan weekend? Satu-satunya metode yang paling memungkinkan adalah menggunakan Wire Transfer (transfer kawat).

A. Pengertian Wire Transfer.

Wire transfer adalah model pengiriman uang atau transfer uang antar Bank dengan negara yang berbeda. Semisal transfer dari bank Swiss ke bank Mandiri di Indonesia. Dengan cara ini, maka uang yang dikirim akan secara otomatis dikonversikan ke dalam mata uang lokal. Artinya, jika pihak pengirim mengirimkan dalam bentuk Dollar US ke rekening bank lokal, maka uang yang masuk ke dalam rekening bank lokal tersebut akan menjadi Rupiah.

B. Cara Melakukan dan Menerima Wire Transfer.

Jika ingin melakukan transfer ke luar negeri, maka sebaiknya tanyakan dan lakukan langsung di bank terdekat dimana Anda akan mengirimnya. Karena konteks artikel ini adalah cara menerima transfer uang untuk Adsense, maka saya akan memfokuskan pada bagaimana cara menerima wire transfer ke rekening bank lokal seperti Mandiri, BCA, BNI, BRI dan lain sebagainya. Para pemain Adsense paling banyak menggunakan keempat bank tersebut, tapi masing-masing Bank memiliki besaran fee yang berbeda-beda. Fee BCA berkisar $ 25, BRI $ 15, Mandiri $ 5. Jadi yang paling murah adalah Mandiri.

Lalu bagaimana cara menerima wire transfer? Ada bebarapa hal yang harus disiapkan untuk menerima transfer melalui wire ini:

  1. Nama pemilik rekening.
  2. Nama Bank penerbit rekening.
  3. SWIFT Code.
    Kode ini bisa Anda tanyakan langsung ke bank penerbit rekening Anda, atau bisa langsung browsing di internet. Beberapa daftar Swift Code yang sering digunakan:
    Swift Code Bank Mandiri: BMRIIDJA
    Swift Code Bank BCA: CENAIDJA
    Swift Code Bank BRI: BRINIDJA
    Swift Code Bank Danamon: BDINIDJA
  4. Nomor Rekening Bank Anda.

C. Setting Wire Transfer di Google Adsense.

Setelah mengantongi informasi rekening yang akan menerima transfer dari Google Adsense, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukkan setting di akun GA Anda. Caranya:

  1. Login dulu ke akun GA Anda.
  2. Kemudian klik gambar gir pada pojok kanan atas hingga menu dropdown muncul dan pilih pembayaran.
  3. Lalu pilih menu Setelan Pembayaran pada menu di sebelah kanan.
  4. Klik tombol: Tambahkan Metode Pembayaran Baru.
  5. Check list atau pilih opsi Transfer Kawat ke Rekening Bank.
  6. Lalu isikan informasi yang diperlukan. Jangan lupa untuk mencentang opsi: Tetapkan Metode ini sebagai Utama.
    cara wire transfer google adsense ke rekening bank mandiri
  7. Save!

Note: Jika ingin mengganti metode pembayaran, maka ubahlah settingannya sebelum tanggal 21. Jika di atas tanggal 21, maka metode dengan wire transfer baru akan digunakan untuk pembayaran bulan berikutnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Wire Transfer Adsense ke Rekening Bank Lokal. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka artikel ini, mohon berikan like, twit atau komentarnya di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.