6 Tips Cara Menghadapi Wawancara Kerja – Tes Interview

CaraPedi.com| 6 Tips cara menghadapi wawancara kerja atau tes interview ini merupakan tips yang harus Anda kuasai jika Anda akan menghadapi wawancara kerja atau interview. Mungkin pertanyaan-pertanyaan dasar yang diajukan pada saat tes interview termasuk tidak begitu sulit, namun jika kita tidak mempersiapkannya sebagai langkah antisipasi, maka bukan tidak mungkin Anda akan kesulitan untuk menjawab karena grogi atau gugup alias nervous.

Saya sendiri dulu sebelum mengikuti interview disuruh orang tua untuk ikut kursus tes psikotes yang salah satu materinya adalah tips bagaimana cara menghadapi wawancara kerja atau tes interview. Saat itu, untuk 3 hari saya harus mengeluarkan kocek sebesar 600ribu. Lalu tips apa saja yang saya dapatkan untuk tes interview? berikut saya rangkum dalam beberapa tips cara menghadapi wawancara kerja:

tips cara menghadapi wawancara kerja atau interview

Tips Cara Menghadapi Wawancara Kerja – Tes Interview.

  1. Perbaiki Penampilan Anda.
    Don’t judge a book by its cover atau jangan menilai orang dari penampilan dalam konteks wawancara tidak berlaku. Hal ini karena pewawancara tidak kenal dengan Anda dan tidak punya banyak waktu untuk mengenal dan menggali secara jauh pribadi Anda. Sehingga hal pertama yang dinilai oleh pewawancara bahkan sebelum wawancara dimulai adalah penampilan Anda. Logikanya mudah, jika mengurus diri sendiri saja tidak bisa, bagaimana mau mengurus pekerjaan dengan baik?. Gunakan pakaian yang bersih, rapi dan jika perlu gunakan dasi. Selain itu perbaiki penampilan Anda seperti mencukur rambut, facial jika perlu terlebih jika Anda melamar pekerjaan yang berhubungan langsung dengan orang banyak.
  2. Kuasai Pertanyaan-Pertanyaan dalam Interview.
    Jika dikelompokkan, maka pertanyaan dalam interview terbagi menjadi dua kategori:
    1). pertanyaan seputar SDM pada diri Anda, dan
    2). pertanyaan tentang penguasaan bidang yang Anda lamar.
    Pertanyaan-pertanyaan tersebut saya rangkum dalam: Contoh Soal Tes Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya. Anda juga bisa mendownloadnya dalam bentuk MS word.
  3. Kuasai Diri Anda.
    Percaya diri dalam menghadapi tes wawancara kerja sangat ditentukan oleh pengusaan pada diri sendiri. Pada umumnya, para peserta interview mengalami nervous atau gugup sehingga apa yang sudah tersimpan rapi dalam otak menjadi kacau. Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah untuk melakukan simulasi tes interview dengan teman Anda sampai Anda benar-benar lancar dan percaya diri.
  4. Gunakan Etika dan Sopan Santun.
    Sopan santun dalam mengikuti tes wawancara kerja juga harus diperhatikan. Pada dasarnya setiap orang ingin dihormati dan diorangkan, apalagi pewawancara adalah orang yang akan menjadi atasan Anda yang tentu ingin dihormati oleh bawahannya. Oleh karena itu tunjukkan bahwa Anda memiliki kepribadian yang baik yang dapat menjadi karyawan yang taat kepada atasan. Semisal jika Anda akan masuk ruangan wawancara, ketuklah pintu terlebih dahulu dan ucapkan salam atau selamat siang. Lalu jika ingin duduk agar mohon izin terlebih dahulu. Karena ada juga teman saya yang dimarahi karena begitu masuk langsung duduk. “Siapa yang suruh Anda duduk”. Kalau sudah begitu, pasti menjadi gugup, tidak percaya diri dan akan sulit menjawab pertanyaan.
  5. Lakukan Tehnik Konfirmasi dan Repetisi Pertanyaan.
    Bukan tidak mungkin pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara membutuhkan pemikiran dan logika yang tepat untuk menjawabnya. Jika Anda memerlukan waktu untuk berfikir, sebaiknya jangan berfikir dengan cara berdiam diri, tapi cobalah untuk konfirmasi (tanyakan kembali) pertanyaan yang disampaikan oleh pewawancara sembari berpikir. Setelah pertanyaan diulangi oleh pewawancara, maka Anda bisa mencuri waktu untuk berfikir lagi dengan mengulangi pertanyaan yang disampaikan. Misalnya: Ada berapa alat bukti dalam hukum acara perdata dan jelaskan? maka Anda ulangi sedikit: Alat bukti yang dikenal dalam hukum acara perdata yang berlaku di Indonesia … (jawaban Anda).
  6. Hindari Kebiasaan Buruk.
    Kebiasan buruk yang saya maksudkan di sini adalah kebiasaan yang sering terjadi ketika seseorang diwawancara karena gugup atau grogi seperti melakukan gerakan-gerakan yang tidak perlu. Kaki bergerak-gerak atau digoyang-goyang, jari tangan diputar-putar dan lain sebagainya. Duduklah dengan baik dan selalu tersenyum agar lebih rileks dan pewawancara melihat Anda pun dengan senang.

Demikianlah 6 Tips Cara Menghadapi Wawancara Kerja – Tes Interview pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat. Like, twit atau komentar Anda di bawah ini akan menjadi semangat saya untuk terus berbagi tips dan cara lainnya. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.