Cara Penularan, Pencegahan dan Ciri-ciri Fisik HIV Aids

CaraPedi.com| Penularan virus HIV Aids di Indonesia sudah kian menghawatirkan. Berbagai cara dan upaya dilakukan untuk mencegah penularan virus HIV Aids ini baik oleh pemerintah maupun oleh LSM. Menurut data statistik terakhir pada bulan Juni 2014 jumlah pengidap virus HIV di Indonesia kini mencapai 142.950 orang sementara yang sudah menderita AIDS berjumlah 55.623.

A. Pengertian dan Perbedaan HIV vs. AIDS.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Serangan virus ini terdiri dari beberapa level dan pada level terakhir inilah dimana system kekebalan tubuh sudah kalah telak, seseorang baru dikatakan penderita AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Serangan virus sekecil apapun akan bisa berakibat fatal baginya.

B. Ciri-ciri Fisik Penderita HIV AIDS.

  1. Terdapat bercak putih di langit-langit mulut.
    ciri-ciri penderita aids
  2. Muncul benjolan pada leher, ketiak atau selangkangan.
    Lymphadenitis-300x300
  3. Timbul jamur dan bintik-bintik pada kulit.
    ciri, cara, hiv, aids
  4. Penurunan Berat Badan secara drastis.

C. Cara Penularanya.

Banyak cara bagaimana virus HIV menular. Tapi pada dasarnya virus ini hanya bisa menular melalui dua media:

  1. Melalui Darah.
    Penularan melalui darah bisa dengan hubungan badan (esek2), jarum suntik, dan ibu hamil kepada anaknya.
  2. Melalui ASI.
    Ibu yang ketika melahirkan belum terkena HIV tapi pada saat menyusui kemudian ia terjangkit, bisa menularkan virus ini melalui air susunya.

D. Cara Pencegahannya.

  1. Gunakan Kond0m.
    Ini yang sering disosialisasikan oleh banyak badan kesehatan. Namun penelitian terakhir membuktikan bahwa ukuran virus HIV jauh lebih kecil daripada pori-pori kond0m. Jadi sebaiknya lakukan cara berikutnya.
  2. Hindari Pergaulan Bebas.
    Pergaulan bebas dengan bergonta-ganti pasangan inilah yang menjadi salah satu penyebab utama penyebaran virus HIV Aids. Jadi tetap setia pada pasangan ya..
  3. Jauhi Komunitas Pengkonsumsi Nark0ba.
    Dekati komunitasnya saja jangan apalagi mengkonsumsinya. Saya lebih suka menyarankan untuk tidak mendekati komunitas atau bergaul dengan para pengguna nark0ba karena walaupun niat awal hanya berteman, biasanya karena perasaan tidak enak/solidaritas sehingga akhirnya terjerumus juga.
  4. Bersunat.
    Penelitian membuktikan bahwa laki-laki yang bersunat/khitan akan memperkecil peluang terjangkit virus ini. Alasan ilmiahnya silahkan baca di internet.
  5. Jangan beri anak susu orang lain.
    Bukan tidak mungkin untuk menjaga keindahan tubuhnya, wanita tidak mau menyusui anaknya sendiri sehingga memilih membeli ASI dari wanita lainnya. Jika tidak hati-hati, bisa jadi buah hati justru tertular virus HIV jika ibu membeli susu dari wanita yang telah terjangkit virus HIV.

Demikianlah sedikit sharing tentang cara mencegah penularan dan ciri-ciri orang dengan HIV Aids. Semoga artikel ini bisa mengingatkan kita agar tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat kita tertular virus yang hingga hari ini belum ditemukan obatnya. Ayo share informasi ini kepada keluarga dan teman Anda dengan klik tombol social media di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.