4 Langkah Cara Obati Luka Bakar yang Benar tanpa Bekas

CaraPedi.com| Salah menggunakan cara dan penanganan dalam mengobati luka bakar bisa menimbulkan bekas. Jika luka bakar diakibatkan knalpot di bagian kaki mungkin tidak begitu masalah karena tidak terlihat, namun jika di bagian lain seperti wajah, tangan tentu akan mengganggu penampilan Anda. Oleh karena itu kita harus tahu cara menangani cedera luka bakar.

A. Tingkat Luka Bakar.

  1. Grade 1 (Superfisial).
    Luka bakar pada tingkatan ini merupakan kategori paling ringan. Luka hanya mengenai bagian terluar kulit (epidermis) dan tidak sampai pada bagian dermin sehingga kulit hanya akan berwarna merah dan tidak melepuh dan kering. Biasanya akan terasa nyeri dan di  hari ketiga atau keempat kulit akan mengelupas (deskuamasi).
  2. Grade 2 (Superficial partial thickness).
    Pada grade ini luka sudah mengenai dermis sehingga kulit akan melepuh dan berair dan terasa lebih nyeri/perih. Jika grade 1 bisa sembuh dalam waktu paling lama 10 hari, tapi pada grade 2 bisa sampai 2-3 minggu.
    Grade 2 (Deep partial thickness).
    Tanda-tandanya adalah permukaan yang terkena berwarna kuning atau putih dan biasanya kulit sudah terkelupas dan berwarna hitam. Sehingga tidak mengalami penggelembungan kulit berisi cairan seperti pada grade 2.
  3. Grade 3 (Full thickness).
    Pada tingkatan ini, pasien tidak akan mengalami perih berlebih seperti pada grade di bawahnya. Hal ini karena ujung-ujung saraf dan pembuluh darah sudah hancur ikut terbakar. Ciri-cirinya kulit akan berwarna putih/coklat.
  4. Grade 4.
    Luka bakar pada stadium ini adalah yang paling parah. Bagian tubuh yang terbakar tidak hanya kulit melainkan sudah sampai daging dan tulang sehingga berwarna hitam. Kebanyakan pasien yang terkena luka bakar pada grade 4 akan diamputasi jika terjadi pada bagian tubuh yang memungkinkan untuk dilakukan amputasi.

B. Cara Mengobati atau Menyembuhkan Luka Bakar.

Melihat tingkatan luka bakar di atas, maka saya hanya akan share bagaimana cara menyembuhkan luka bakar pada tingkatan 1 atau 2 seperti jika terkena bara rokok, air panas atau knalpot motor. Jika sudah tingkatan 3 atau 4 sebaiknya segera dilarikan ke UGD terdekat. Berikut cara penanganannya:

  1. Siram dengan air dingin.
    Setelah terluka, pertolongan pertama adalah dengan langung menyiram dengan air dingin selama kurang lebih 10-30 menit. Ingat jangan gunakan air es karena akan memperparah luka.
  2. Bersihkan Luka.
    Jika masih ada kotoran semisal karet yang merekat (pada kasus luka bakar akibat terkena cairan karet panas), maka bersihkanlah terlebih dahulu dengan air hangat.
  3. Oleskan obat luka bakar.
    Setelah bersih, kemudian oleskan obat luka bakar, bisa dengan bahan-bahan alami seperti madu, jeli kulit buaya atau bagian dalam kulit pisang dengan cara menutupkannya pada bagian yang terluka hingga berwarna hitam. Atau bisa juga dengan kream obat luka yang banyak ditemui di apotek seperti Bioplasenkton. Banyak yang sudah membuktikan jika cream ini dapat menyembuhkan luka bakar tanpa meninggalkan bekas luka atau setidaknya bisa menyamarkan luka.
  4. Balut dengan Kasa.
    Untuk menghindari terjadinya infeksi, balutlah luka dengan kasa steril (pembalut luka) dengan memberikan sedikit tekanan.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara menangani dan mengobati luka bakar yang baik. Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, mohon dishare kepada teman atau kerabat dengan mengklik tombol like di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.