Cara, Waktu, Niat dan Doa Sholat Dhuha yang Benar

CaraPedi.com| Cara shalat Dhuha yang benar disertai doa ini jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka niscaya Allah swt akan mempermudah dan memperlancar rizki kita. Rizki tidak selamanya dimaknai kita mendapatkan uang yang banyak, kita tetap diberi kesehatan, tidak mendapatkan musibah dan lain sebagainya adalah merupakan bentuk rizki dari Allah swt.

A. Waktu Melaksanakan Shalat Dhuha.

Shalat dhuha dilaksanakan pada waktu dhuha yaitu dimana matahari sudah terbit atau naik kurang lebih 7 hasta hingga terasa panas menjelang shalat dzuhur (untuk waktu WIB sekitar pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang). Adapun waktu sholat dhuha yang utama adalah pada seperempat kedua dalam sehari, atau sekitar pukul 9 pagi. Jika Anda termasuk orang kantoran, sebaiknya dilakukan pada pukul 07.30 sebelum masuk kerja sehingga tidak menggangu kerja Anda.

B. Jumlah Rakaat Shalat Dhuha.

Madzhab Maliki, Syafi’i, dan Hambali berpendapat bahwa jumlah rakaat shalat Dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 8 rakaat. Dalil yang digunakan adalah hadis Umi Hani’ r.a, bahwasanya Nabi saw memasuki rumahnya ketika Fathul Makkah dan Beliau shalat 8 rakaat. (H.R. al-Bukhari, no.1176 dan al-Muslim, no.719). Mengapa shalat dhuha dibatasi? hal ini untuk mengantisipasi agar waktu efektif kerja seseorang tidak terganggu. Jika tidak dibatasi maka khawatir akan lupa dengan pekerjaannya.

C. Tata Cara Melakukan Shalat Dhuha.

  1. Niat.
    niat shalat dhuha
    Usolli sunnatadh dhuha rak’ataini lillahi ta’ala.
  2. Setelah membaca surat al-Fatihah, kemudian disusul dengan membaca surat lain. Adapun surat atau bacaan sunnah shalat dhuha setelah al-Fatihah adalah surat asy-Syam pada rakaat pertama dan surat al-Lail atau ad-Dhuha pada rakaat kedua.
  3. Pada saat ruku’ dan sujud, setelah membaca bacaan ruku’ atau sujud disunnahkan untuk membaca tasbih sebanyak 3x.

D. Doa setelah Shalat Dhuha.

Setelah shalat dhuha Anda bisa berdoa dengan bahasa Indonesia dengan redaksi atau permintaan yang lebih khusus lagi. Adapun doanya silahkan klik > Doa Sholat Dhuha.

Demikianlah Panduan tata cara melaksanakan shalat dhuha beserta dengan doanya. Semoga bermanfaat dan rizki kita melimpah dan yang terpenting barokah. Amin. Ayo share artikel ini kepada keluarga dan teman dengan klik tombol like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.