Cara, Niat, Waktu dan Doa Shalat Istikharah yang Benar

CaraPedi| Pada artikel sebelumnya saya telah share cara shalat dhuha dan tahajud, sekarang lanjut ke: Cara, Niat, Waktu dan Doa SHALAT ISTIKHARAH yang baik dan benar. Shalat istikhoroh biasanya dilakukan ketika kita dihadapkan pada beberapa pilihan yang bobotnya sama sehingga membuat kita bingung seperti shalat istikharah untuk memilih jodoh. Hal ini perlu dilakukan karena sangat menentukan kehidupan kita di masa yang akan datang.

A. Waktu Pelaksanaan.

Tidak seperti shalat dhuha dan tahajud, shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja. Namun akan lebih afdol dan lebih khusyuk tentunya pada malam hari bersama-sama dengan shalat tahajud. Namun jika digabung dengan shalat tahajud, sebaiknya dilakukan sebelum shalat witir karena shalat witir biasanya dilakukan sebagai penutup shalat sunnah.

B. Tata Cara Melaksanakan Shalat Istikharah.

Sebelum melaksanakan shalat hendaknya kita kosongkan hati dan pikiran dari kecondongan kepada salah satu pilihan dengan banyak-banyak beristighfar agar dijauhkan dari bisikan setan.

  1. Niat.
    doa shalat istikharah
    Usholli sunnatal istikharati rak’ataini lillahi ta’ala
  2. Disunnahkan membaca doa iftitah baru membaca surat al-Fatihah diikuti surat pendek lainnya. Dalam shalat istikharah tidak ada hadis maupun petunjuk lainnya yang menganjurkan kita untuk membaca surat tertentu, sehingga kita bebas membaca surat dalam al-Qur’an, baik yang pendek maupun yang panjang.

C. Doa Setelah Shalat Istikharah.

Setelah selesai shalat istikharah dua rakaat, barulah berdoa baik itu dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Arab yang intinya memohon petunjuk kepada Allah agar dipilihkan salah satu pilihan yang terbaik bagi kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat. Adapun doa dalam bahasa Araba silahkan baca > Doa Shalat Istikharah.

Pada akhirnya, hidup itu adalah pilihan. Jadi kita harus memilih, karena jika tidak ibarat memilih dua kursi untuk duduk, jika Anda duduk diantara keduanya, maka Anda akan jatuh. Semoga bermanfaat. Like please..

Share yuk:
Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

25 Komentar di "Cara, Niat, Waktu dan Doa Shalat Istikharah yang Benar"

Kabari saya jika
avatar
susun berdasar:   terbaru | terlama
Nay

Min mau tanya..
Kalau mau sholat istikharah di malam hari..
Apakah syaratnya tidak boleh tidur sampai sepertiga mlm..
Atau boleh tidur dulu..
Trmksh..

herty

Alhamdzulillah sangat bermanfaat.

adi

terimakasih untuk artikelnya, sangat bermanfaat

fatoni

terima kasih

Nurul Berkah

terima kasih 🙂 😀