Cara, Niat, Waktu, dan Doa Shalat Tahajud yang Benar

CaraPedi.com| Cara shalat tahajud yang baik dan benar adalah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Walaupun sebenarnya kita bisa saja melaksanakan shalat tahajud seperti pada umumnya shalat sunah lainnya. Namun agar lebih afdol, maka mari kita pelajari bagaimana Rasulullah saw menjalankan shalat tahajudnya.

A. Waktu Melaksanakan Shalat Tahajud.

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim (dari ‘Aisyah ra.), Shalat tahajud dapat dilaksanakan setelah shalat isya sampai sebelum waktu shubuh. Tetapi yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam (Berdasarkan HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Jabir). Karena waktu shalat berubah-ubah, maka kurang lebih jika dibagi berdasarkan jamnya adalah sebagai berikut:

  1. 1/3 malam pertama dari sekitar pukul 19.00 – 22.00 WIB (saat utama).
  2. 1/3 malam yang kedua dari sekitar pukul 22.00 – 01.00 WIB (saat lebih utama).
  3. 1/3 malam yang ketiga dari sekitar pukul 01.00 – 04.00 WIB (saat paling utama).

B. Cara Melaksanakan Shalat Tahajud

  1. Niat. Niat shalat tahajud cukup sederhana:
    niat-shalat-tahajud
  2. Setelah takbiratul ihram (Allahu akbar pertama) dianjurkan membaca doa iftitah, baru disusul dengan membaca surat Alfatihah dan diikuti dengan membaca surat al-Baqarah ayat 284-286 (silahkan klik untuk membacanya).
  3. Pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. Dan setelah tahiyyat akhir, langsung salam.

C. Sunah-sunah Shalat Tahajud

  1. Menurut keterangan Said Ibnu Yazid, Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat malam 13 raka’at dengan tata cara sebagai berikut :
    • 2 raka’at shalat Iftitah (shalat pembuka). Cara melakukan shalat iftitah cukup mudah, karena setiap rakaat kita hanya membaca al-Fatihah saja, sedangkan rukun lainnya sama dengan shalat pada umumnya.
    • 8 raka’at shalat Tahajud.
    • 3 raka’at shalat Witir (shalat penutup). Pada rakaat pertama setelah al-Fatihah, kita disunnahkan untuk membaca Surat al-A’la, pada rakaat kedua Surat al-Kafirun dan ketiga Surat al-Ikhlas.
  2. Banyak istighfar seteah selesai shalat tahajud dan membaca doa (termasuk jika ingin berdoa agar keinginannya dikabulkan Allah swt). Untuk doa shalat tahajud silahkan buka > Doa Shalat Tahajud.

Demikianlah penjelasan singkat tentang tata cara melakukan shalat tahajud yang baik dan benar sebagaimana dikerjakan oleh Rasulullah saw. Semoga bermanfaat. Mohon share kepada keluarga, kerabat dan teman Anda dengan memberikan like, twit atau komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.