Cara Menulis Artikel Blog Agar Cepat Terindek Google

CaraPedi.com| Jika Anda ingin artikel blog Anda cepat terindek oleh Google, maka Anda wajib menulis artikel yang SEO Friendly. Artinya harus sesuai dengan cara atau metode Google dalam mengindek artikel di dunia maya. Jika Anda heran mengapa artikel-artikel yang sudah Anda buat tidak kunjung terindek oleh Google, maka salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kualitas artikel Anda. Lalu bagaimana cara menulis artikel yang baik, yang SEO Friendly? Berikut ulasannya:

  1. Buatlah judul artikel yang disarankan (suggested) oleh google. Maksudnya jika kita mengetik kata “cara me” di google search, biasanya kalimat lengkap yang keluar adalah cara mengecilkan perut, maka artikel ini harus Anda buat dengan tambahan kata-kata yang menarik seperti dicontohkan di atas.
  2. Jangan membuat judul dan tautan/alamat artikel dengan kata-kata yang sama. Contoh salah satu artikel saya dengan judul: “Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog/Web dengan Cepat” namun url atau permalinknya adalah: “cara-meningkatkan-jumlah-pengunjung-blog-dalam-waktu-singkat
    Cara ini bertujuan agar jika pengunjung mencari dengan kata “jumlah dan singkat” yang tidak ada dalam judul, maka tautan dapat mengcovernya. Ingat google tidak hanya mengindex judul, tapi url dan nama blog.

  3. Selain judul, konten artikel juga punya andil besar dalam menentukan seo sebuah artikel. Buatlah redaksi yang memuat kata-kata dalam judul tapi usahakan senatural mungkin agar enak dibaca. Biasanya yang akan terindeks google secara langsung adalah kata-kata pertama sebanyak maksimal 160 karakter. Lebih jelasnya coba lihat kalimat pertama artikel ini.
  4. Gunakan kata-kata yang menarik dan menggelitik dalam judul artikel Anda, seperti mudah, cepat, praktis, tips, efektif dan lain sebagainya.
  5. Buatlah artikel yang rapi dan mudah dibaca oleh pengunjung. Jika terdapat sub judul maka usahakan menggunakan number atau bullet yang baik. Hal ini akan memanjakan pengunjung dan akan tertarik untuk membaca artikel-artikel Anda yang lain. Sehingga selain page view meningkat, durasi kunjungan dalam satu artikel akan lebih lama. Semakin lama artikel dibuka/dibaca oleh pembaca, semakin kuat pula artikel kita di search engine seperti google.

Posting cara menulis artikel di atas kita lakukan setelah riset kata kunci atau keyword terlebih dahulu agar kita tidak salah menulis artikel yang berisi keyword yang tidak banyak dicari oleh para browser walaupun mungkin maksudnya sama. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel, pastikan Anda sudah melakukan riset KW. Jadi artikel yang wajib Anda baca berikutnya adalah: Cara riset keyword dengan Google Keyword Planner Tool. Mudah kok!

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menulis artikel blog yang SEO friendly. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk memberikan like, twit ataupun komentar Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.