Cara Pindah Hosting Blog WordPress Lama ke Hosting Baru

CaraPedi.com| Cara Pindah Hosting Blog WordPress Lama ke Hosting Baru – Karena suatu alasan, kadang kita ingin memindah hosting blog kita dari penyedia hosting tertentu ke yang lain. Hal ini karena mungkin kinerja hosting tersebut tidak sesuai yang diharapkan atau karena ada yang menawarkan hosting yang murah dengan kualitas yang sama.

Artikel ini berawal dari pengalaman saya memindahkan blog saya hukum-islam.net dari hosting lokal ke Hawkhost, karena menurut saya, hawkhost merupakan salah satu penyedia hosting yang tidak hanya handal karena hampir tidak pernah down tapi juga cepat karena menggunakan teknologi Litespeed untuk boasting servernya. Harganya pun sangat terjangkau. Pengalaman saya ketika ada coupon hawkhost hingga 80%, saya hanya membayar $ 12 untuk 1 tahun. Sehingga sekarang semua blog yang saya miliki saya pindahkan ke hawkhost.

Cara Pindah Hosting Blog WordPress Lama ke Hosting Baru

A. Back Up Database di Blog Lama

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan back up database blog Anda yang terdapat di hosting lama. Caranya masuk ke hosting lama Anda > lalu masuk ke CPanel > lalu ketik “back” untuk memfilter pada kolom “Find” yang terdapat di sebelah kiri tampilan > lalu klik icon “back up“. Untuk mempermudah tutorial, seterusnya saya akan menggunakan kolom Find tersebut. Jadi mohon diingat letaknya.
    cara pindah hosting blog lama ke hosting baru
  2. Klik tombol: “Download a Full Website Backup” > lalu klik tombol “Generate back up“. Tunggu beberapa saat hingga proses back up selesai. Refresh halaman back up dengan tekan tombol F5 pada keyboard laptop Anda untuk melihat apakah sudah selesai atau belum. Jika sudah, maka Anda tinggal mengkliknya untuk memulai download.
  3. Setelah terdownload, extract file tersebut lalu cari dua file yang kita perlukan, yaitu: folder public_html (biasanya terdapat di folder home dir) dan database yang berekstensi .sql. (terdapat di file folder mysql). Pindahkan dua file tersebut ke folder yang mudah ditemukan. Khusus folder public_html, jangan lupa untuk kompres dalam bentuk .zip (bisa menggunakan winrar).

B. Restore Database ke Hosting Baru

  1. Masuk atau login ke hosting baru Anda. Jika belum membeli, pastikan ketika melakukan proses pembelian, Anda pilih: “saya sudah punya domain dan akan update nameserver..dst” pada salah satu pilihan yang muncul. Jika sudah berhasil membeli paket hosting di tempat baru, sekarang loginlah ke akun hosting baru Anda > lalu masuk ke CPanel.
  2. Setelah masuk ketik di kolom Find: “data“, lalu klik icon: “MySQL Database Wizard” untuk membuat database dan usernamenya yang baru.
  3. Lalu beri nama database baru Anda lalu klik tombol “Next Step“. Usahakan yang sulit agar tidak mudah untuk dihack. Untuk contoh lihat gambar di bawah ini:
    cara memindah hosting blog ke hosting baru
  4. Selanjutnya buat username database dan juga passwordnya. Usahakan ketika membuat password, Anda menggunakan kombinasi: huruf besar, kecil, angka dan karakter (seperti +%?). Lalu klik tombol: “create user
    cara pindah hosting blog wordpress dengan mudah
  5. Kemudian centang tulisan: “ALL PRIVILIGES” dan klik tombol: “next step”. Sekarang Anda sudah memiliki database yang baru di hosting yang baru, namun masing kosong dan kita harus mengimpor semua isi database yang lama.
  6. Untuk mengimpor database yang lama, kembalilah ke tampilan halaman utama Cpanel, lalu ketik: “php” pada kolom Find > Klik pada icon: “phpMyAdmin” > kemudian klik terlebih dahulu pada nama database yang telah Anda buat di sidebar sebelah kiri tampilan > lalu klik “Impor“.
    cara migrasi hosting blog lama ke hosting yang baru
  7. Ambil database yang berekstensi .sql seperti yang saya maksud pada penjelasan sub A nomor 3 di atas dengan klik tombol “browse atau telusuri” lalu klik tombol “kirim” yang terdapat di dasar tampilan. Tunggu beberapa saat hingga selesai (tergantung ukuran file). Jika sudah selesai, maka Anda sudah berhasil merestore database blog Anda di tempat hosting yang baru.
  8. Langkah berikutnya adalah dengan mengupload folder public_html yang telah Anda ekstrak dalam bentuk .zip sebelumnya. Caranya adalah dengan kembali ke halaman utama Cpanel > lalu ketik: “file” pada kolom Find. Kemudian klik icon: “File Manager” > lalu klik tombol OK pada jendela pop up yang muncul.
  9. Kemudian upload folder public_html yang telah Anda kompres dalam bentuk .zip tadi dengan klik tombol upload yang berada di menu atas. Jika sudah terupload, ikuti petunjuk yang terdapat pada gambar di bawah ini:
    cara restore dan back up database
  10. Langkah terakhir di Cpanel ini adalah dengan merubah: DB_NAME, DB_USER, dan DB_PASSWORD (menyesuaikan dengan yang telah kita buat pada langkah ke-3 dan ke-4 di atas) di file wp-config yang terdapat folder public_html > klik tombol Save yang berada di sisi sebelah kiri atas.
    cara merestore database blog

Langkah terakhir adalah dengan mengarahkan domain ke nameserver tempat hosting baru kita. Caranya sangat mudah, silahkan baca tutorial singkatnya di: Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting.

Demikianlah penjelasan tentang tutorial lengkap bagaimana Cara Pindah Hosting Blog WordPress Lama ke Hosting Baru. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai tutorial ini, mohon share dengan memberikan Like, Twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.
Subscribe
Kabari saya jika
guest

15 Comments
terbaru
terlama
Inline Feedbacks
View all comments