Cara Memasak dan Mengkonsumsi Bayam Agar tidak Beracun

CaraPedi.com| Siapa yang tidak kenal sayur bayam. Anda pasti pernah mengkonsumsinya bukan? Setiap 100 gram bayam mengandung protein 3,5 gram, lemak 0,5 gram, karbohidrat 6,5 gram, kalsium 267 gram, besi 3,9 mg, dan serat 0,8 gram. Tapi tahukah Anda, jika cara memasak dan memakannya salah justru dapat membuat bayam menjadi racun? Oleh karena itu, perhatikan tips cara memasak dan mengkonsumsi sayur bayam berikut ini:

  1. Jangan dipanaskan Ulang.
    Bayam banyak mengandung zat besi atau Fe2+ yang baik bagi tubuh. Namun jika dipanaskan ulang, akan terjadi proses oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi adalah proses pengikatan oksigen. Maka Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+atau senyawa Ferri yang beracun bagi tubuh.
  2. Jangan Gunakan Bahan Aluminium.
    Memasak menggunakan panci berbahan aluminium atau besi dapat membuat Fe2+ tersebut bereaksi dan berubah menjadi senyawa Ferri. Jadi gunakanlah panci yang berbahan teflon.
  3. Segera diMakan.
    Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung nitrat (NO3). Nah, jika terlalu lama terkena udara, akan berubah menjadi nitrit yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau, tapi beracun. Oleh karena itu, jangan makan sayur bayam jika sudah dimasak 5 jam yang lalu.
  4. Jangan Terlalu lama disimpan.
    Jika terlalu lama disimpan di lemari es, kadar nitrit pada sayur bayam akan mengalami peningkatan. Jadi usahakanlah beli sayur bayam yang masih segar lalu segeralah dimasak dan dimakan.

Demikianlah tips cara memasak dan mengkonsumi sayur bayam dengan aman dan sehat. Semoga bermanfaat. Like, twit atau komentar Anda untuk artikel ini adalah semangat kami untuk terus memberikan informasi bermanfaat lainnya. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.