Cara Atasi Rasa Sakit Nyeri Saat Menstruasi secara Alami

CaraPedi.com| Banyak wanita yang mengeluh sakit kepala atau nyeri perut pada saat haid atau menstruasi. Bagi beberapa wanita, rasa sakit akan terasa sangat menusuk sehingga kadang melakukan berbagai upaya instan dengan misalnya mengkonsumsi obat kimia tanpa memperdulikan apa efek atau dampak yang dapat timbul setelahnya.

Faktor Pemicu Rasa Sakit pada saat Mens:

  • Peningkatan Hormon Progesteron.
    Hormon progesteron di hasilkan jaringan ikat kelenjar indung telur (Corpus Loteum). Setelah melepaskan sel telur matang, hormon tersebut memperbesar ketegangan mulut rahim sehingga mulut rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat kontraksinya untuk dapat mengeluarkan darah melalui mulut rahim yang sempit.
  • Stress yang berlebihan.
    Pada masa menstruasi, biasanya wanita akan mudah stress dan gampang emosi sehingga melemahkan daya tahan tubuh. Stres, daya tahan tubuh rendah, gaya hidup yang tidak seimbang dapat menjadi faktor lain yang mengganggu hormon di dalam tubuh.
  • Konstraksi Rahim.
    Konstarksi rahim bisa terjadi karena lepasnya dinding rahim yang disebabkan adanya peningkatan hormon prostaglandin.

Cara Atasi Sakit Nyeri Saat Haid:

  1. Perbaiki Asupan Nutrisi.
    Perbanyaklah makanan yang kaya akan kandungan magnesium, kalsium, vitamin D dan E seperti buah, sayur labu, ikan, dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati.
  2. Relaksasi.
    • Cara termudah pertama yang bisa dilakukan pada saat nyeri perut datang adalah dengan berbaring di tempat tidur dan lakukan olah pernafasan.
    • Cara lain adalah dengan mengkompres perut dan punggung bagian bawah dengan menggunakan kompres atau botol berisi air hangat.
    • Anda bisa juga melakukan rileksasi dengan berendam di dalam air hangat. Cara ini dapat mengurangi ketegangan pada otot perut Anda.
    • Atau dengan melakukan pemijatan secara lembut pada bagian otot perut.
  3. Olahraga Ringan.
    Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jenis olahraga yang sering direkomendasikan adalah yoga, berjalan kaki atau jogging ringan yang tidak sampai menimbulkan rasa lelah.
  4. Konsultasi pada Dokter.
    Berkonsultasilah pada dokter Anda. Upaya ini akan membantu Anda mengetahui faktor penyebab sakit nyeri Anda saat haid secara lebih akurat sehingga jika terdapat masalah pada alat reproduksi Anda dapat mengantisipasi lebih awal.

Demikianlah informasi tentang bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Sakit Nyeri Saat Haid secara Alami. Semoga bermanfaat dan jika Anda suka artikel ini, mohon like atau twit di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.