Cara Agar Dokumen Word tidak bisa Dicopy atau Diedit

CaraPedi.com| Pernahkan tulisan yang Anda upload ke dunia maya dicopy paste oleh orang lain tanpa menyebutkan sumbernya? Ide dan gagasan yang Anda tuangkan dalam tulisan merupakan bagian dari harta Anda. Tentu akan kecewa jika ide gagasan hasil kerja keras Anda dicuri begitu saja. Satu sisi ingin mensosialisasikan tulisan, tapi sisi lain takut jika di copy paste oleh orang lain tanpa menyebutkan sumbernya.

Jika itu yang sedang Anda rasakan, inilah solusinya:

Cara Mengunci Dokumen MS Word Agar tidak bisa diCopy Paste.

  1. Buka terlebih dahulu file atau dokumen word Anda.
  2. Kemudian pilih menu Review.cara agar file word tidak bisa dicopypaste
  3. Lalu klik menu Protect Document (Di ujung kanan) > lalu pilih Restrict Formatting and Editing.cara agar file word tidak bisa dicopy
  4. Akan muncul toolbar baru seperti terlihat di bawah ini. Centang Allow only this…dst > Kemudian pilih Filling in forms > Yes, Start Enforcing Protection.
    cara agar file word tidak bisa dicopy2
  5. Masukkan Password dua kali agar Anda bisa mengeditnya suatu saat nanti. Agar dokumen tersebut bisa diedit kembali, silahkan buka file dokumen tersebut lalu klik tombol Stop Protection di sebelah kanan bawah file dan isikan kembali password tersebut.

Demikianlah tutorial tentang bagaimana agar dokumen atau file Microsoft Word Anda bisa dibaca oleh orang lain tapi tidak bisa dicopy paste. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like atau twit di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.