Cara Agar Cepat Menstruasi dan Lancar secara Alami

CaraPedi.com| Menstruasi atau haid merupakan proses biologis dalam tubuh wanita dewasa. Seorang wanita yang sehat memiliki siklus yang teratur. Namun jika sering telat datang bulan, atau tidak teratur, berarti ada masalah dalam kesehatan alat reproduksi yang disebabkan oleh beberapa hal seperti stress, gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan menyebabkan menstruasi tidak teratur. Selain itu konsumsi obat obatan berbahaya juga dapat menyebabkan pola menstruasi ini tidak teratur.

Jadi menstruasi atau haid tidak hanya dipengaruhi oleh faktor biologis, tapi juga psikis. Oleh karena itu ikuti beberapa tips berikut ini:

Tips Cara Agar Menstruasi Lancar tiap Bulan:

  1. Perbaiki Asupan Nutrisi.
    Ikan terutama ikan salmon kaya akan vitamin D yang berpengaruh pada kestabilan hormon sehingga tidak mudah stress. Diet dengan kandungan nutrisi yang baik dapat membantu melancarkan datang bulan.
    Sayur seperti bayam, pare dan juga brokoli dipercaya dan terbukti dapat memperlancar siklus haid karena mengandung banyak zat besi untuk menambah darah.

    Telur rebus dan Yogurt kaya akan kandungan protein kalsium dan vitamin. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.
    Air Putih yang cukup dapat membantu menyeimbangkan hormon sehingga memperlancar datang bulan.
  2. Perbaiki Pola atau Gaya Hidup.
    Jika Anda ingin hidup sehat, termasuk haid yang lancar, maka Anda harus menerapkan pola hidup sehat dari sekarang.

    • Hindari makan makanan junk food atau siap saji karena banyak mengandung lemak jahat yang dapat mengganggu kesehatan alat reproduksi wanita.
    • Merokok dan minum minuman beralkohol juga merupakan faktor penyebab hormon menjadi tidak seimbang sehingga dapat mengganggu kelancaran datangnya menstruasi.
    • Selain itu hindari semaksimal mungkin kemungkinan stress atau bergadang yang dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Jika Anda susah tidur, coba tips: cara mengatasi insomnia.
  3. Olahraga Ringan.
    Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga ringan yang tidak menguras tenaga sehingga tidak membuat tubuh menjadi lelah. Senam ringan atau yoga adalah salah satu alternative olahraga yang banyak dilakukan oleh para wanita untuk memperlancar siklus menstruasinya.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara memperlancar datang bulan. Semoga bermanfaat dan jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, ayo share pada teman wanita Anda dengan memberikan like atau twit di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.