Tips Cara Memilih Durian yang Matang, Manis dan Bagus

CaraPedi.com| Jika Anda berencana membeli durian, maka sebaiknya baca dulu tips cara memilih durian yang matang, manis dan berkualitas bagus berikut ini. Karena sering kali orang tidak tahu cara memilih durian yang bagus, sehingga ketika dibuka di rumah daging dan rasanya tidak seperti yang diharapkan. Apa saja ciri-ciri durian yang sudah matang dan rasanya enak? berikut ulasannya:

Cara Memilih Durian yang Matang dan Bagus:

  1. Pilih yang Ringan.
    Durian yang sudah matang dan berdaging tebal, memiliki biji yang kecil atau bahkan ada yang hingga kopong (biji tinggal kulit). Jadi cara paling mudah dan akurat pertama adalah dengan cara mengangkatnya. Jika dibandingkan dengan besarnya terasa ringan, berarti bisa masuk salah satu pilihan Anda
  2. Cium Aromanya.
    Sembari mengangkatnya, coba Anda cium aromanya pada bagian bawah, tempat biasa durian mulai dibuka. Durian yang sudah matang, walaupun belum terbuka sama sekali akan mengeluarkan aroma durian yang harum dan pekat. Dari aromanya tersebut, kita bisa menilai apakah durian tersebut manis, atau masih mentah.
  3. Perhatikan Tangkainya.
    Durian yang matang di pohon biasanya akan jatuh dengan sendirinya. Sehingga ujung tangkainya tidak rata. Berbeda jika ia dipanen sebelum masak, pasti akan terlihat rata karena dipotong dengan pisau atau sejenisnya.
  4. Lihat Kulitnya.
    Perhatikan dengan teliti apakah ada lubang di kulitnya. Jika ada lubang, sebaiknya tinggalkan dan pilih yang lain. Karena bisa dipastikan ada bagian yang busuk. Dan jika Anda kurang beruntung, Anda hanya akan bisa makan setengahnya saja, karena sisanya busuk dimakan ulat. Dan tentu akan mengurangi kenikmatan Anda dalam menikmati durian.
  5. Pilih yang Bulat.
    Berdasarkan pengalaman saya dalam memilih durian berkali-kali, buah durian yang bulat, dagingnya tebal dan lezat. Sedangkan yang lonjong, buahnya banyak tapi isinya besar-besar sehingga dagingnya tipis-tipis. Apalagi yang tidak karuan bentuknya, bulat tidak, lonjong juga tidak, kemungkinan besar buahnya sedikit.cara memilih durian yang sudah masak, manis dan berkualitas bagus
  6. Pilih Duri yang Besar dan Jarang.
    Durian berduri besar dan jarang menandakan dagingnya tebal dan bagus. Hal ini karena buah durian di dalam berkembang besar dan mendorong kulit keluar sehingga duri menjadi jarang-jarang dan besar. Disamping itu, kita juga tidak akan kesulitan untuk membukanya.

Demikianlah Tips Cara Memilih Durian yang Matang dan berkualitas Bagus. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like dan twitnya untuk artikel ini atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.