Cara Memasang Histats di Blog – Terlihat dan Tersembunyi

CaraPedi.com| Cara Memasang Histats di Blog – Terlihat dan Tersembunyi – Jika Anda ingin mengetahui jumlah pengunjung blog Anda, maka Anda harus memasang atau menambah penghitung pengunjung blog atau yang biasa disebut visitor counter. Banyak plugin yang bisa Anda dapatkan di directory WordPress, namun jika saya boleh sarankan, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan fasilitas Histats.com daripada menggunakan plugin.

Mengapa memilih Histats?

Saya punya alasan tersendiri untuk lebih memilih histats daripada menggunakan plugin.

  1. Dengan menggunakan histats, maka kita telah menanamkan backlink di website dengan reputasi yang baik, dan tentu akan berpengaruh terhadap “penampakan” blog atau website kita di search engine.
  2. Fitur yang lengkap membuat kita tidak hanya bisa melihat pengunjung blog, tapi juga artikel seperti apa yang banyak dibuka oleh pengunjung. Dengan begitu kita bisa mengetahui animo (minat) pasar. Hal ini membantu kita untuk menentukan tema artikel yang akan kita tulis.
  3. Jika menggunakan plugin, maka Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Hal ini tentu akan menambah berat kinerja blog kita karena terlalu banyak plugin. Sementara jika Anda menggunakan histats, Anda tidak perlu menginstal plugin.
  4. Jika Anda ingin menyembunyikan tampilan penghitung pengunjung dari pengunjung blog Anda seperti yang saya lakukan, maka Anda dapat menggunakan hidden tracker. Dan masih banyak alasan lain mengapa saya memilih menggunakan histats untuk menghitung jumlah pengunjung blog.

Cara Mendaftar di Histats.

  1. Silahkan kunjungi histats.com.
  2. Lalu ketik alamat blog Anda pada kolom register lalu klik Register/Pendaftaran:cara memasang histats di blog dengan mudah
  3. Isi formulir pendaftaran yang meliputi:
    • Pesan/Mail: Alamat email Anda.
    • Konfirmasi alamat email/Confirm Email Address: ketik kembali alamat email Anda.
    • Password: ketik password untuk login ke akun histats.
    • Confirm password: ketik password sekali lagi.
    • Time Zone: Tentukan zona waktu sesuai tempat tinggal Anda.
    • Centang saya setuju/I agree dst..
    • Ketik ulang Captcha
  4. Klik Daftar atau Register. Lalu buka email yang Anda gunakan untuk mendaftar dan klik link aktivasi yang terdapat di dalam email yang dikirim oleh Histats.

Cara Memasang Histats di Blog

  1. Login ke akun histats Anda dengan memasukkan email dan password yang telah Anda daftarkan.
  2. Klik tombol Add New Website yang terletak di sebelah kanan atas tampilan. Kemudian isi formulir yang tersedia:
    • Ketik alamat blog di kolom: http://……
    • Tentukan waktu dan kategori blog Anda.
    • Beri judul dan deskripsi blog Anda.
    • Page view start value harus lebih besar dari Nilai awal pengunjung.
    • Stats visibility: jika tidak ingin dilihat orang lain, pilih: Only visible to you.
    • Isi Captcha dan klik Lanjutkan.
  3. Lalu pilih model tampilan counternya dengan membuat script codenya dulu. Caranya klik nama blog yang baru Anda buat akunnya > Lalu klik tombol Counter Code (di sebelah kanan atas).
  4. klik Add new counter > Pilih model counternya, jika Anda memilih tidak terlihat, pilih hidden tracker > jika memilih yang terlihat, silahkan klik pada contoh banner yang tersedia > lalu centang apa saja yang ingin ditampilkan > simpan > klik pada counter yang baru saja Anda buat, dan copy kode yang berada di bawahnya.
  5. Langkah terakhir adalah dengan mem-paste kode tersebut ke dalam widget dengan menggunakan tipe widget: Text. Save dan selesai.

Anda dapat melihat detail data pengunjung seperti judul artikel yang paling banyak dibuka, kota dengan pengunjung terbanyak dsb, silahkan login ke dashboard histast Anda. Untuk melihat daftar isi tutorial lainnya silahkan klik: Tutorial Terlengkap Cara Menggunakan Blog WordPress.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Memasang Histats di Blog – Terlihat dan Tersembunyi. Semoga membantu. Like dan twit Anda untuk artikel ini sangat berharga bagi kami. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.