8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Sudah Saya Buktikan!!

CaraPedi.com| Cara Menghasilkan Uang dari Blog – Mendapatkan uang dari blog yang kita miliki hingga puluhan juta bukanlah hal yang mustahil. Selain modal yang minim, jika sudah berjalan dengan baik, Anda bisa duduk manis dan menunggu uang datang kepada Anda. Sepintas memang seperti MLM, tapi ini sama sekali bukan. Karena biar bagaimanapun, proses membangun blog dari awal hingga bisa menghasilkan bukan perkara yang mudah. Namun begitu juga bukan sesuatu yang sulit jika kita benar-benar tekun dan ulet. Coba lihat shot screen perolehan iklan dari orang yang saya dapatkan di internet berikut ini: http://prntscr.com/50fzcw

Pada tanggal 9 (masih berjalan), sudah menghasilkan $900, maka satu bulan bisa mencapai $3000. Jika dikalikan Rp.10.000,- saja, maka Anda bisa hitung sendiri berapa uang yang bisa diperoleh dalam satu bulan, 30 juta. Fantastis!!

Lalu apa syarat yang harus dipenuhi sebuah blog agar bisa menghasilkan uang?

  1. Blog haruslah berkualitas dari mulai tulisan hingga tampilan. Lebih prospek lagi jika Anda membuatnya dalam bahasa Inggris, dijamin perolehannya bisa 10 kali lipat dari blog berbahasa Indonesia. Dan jauhkan dari tulisan bermateri dewasa, sara dan anarkis.
  2. Datangkan pengunjung sebanyak mungkin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan pengunjung. Baca tips: Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

beberapa cara mendapatkan uang dari blog atau internet

  1. Menjadi Publisher Google Adsense.
    Boleh dikatakan bahwa hampir semua blogger – termasuk saya dengan blog carapedi ini – dalam membangun blognya berharap bisa menjadi publisher Google Adsense. Media online di Indonesia yang sudah memiliki nama besar seperti Tribunnews, Kompas, Detik dan situs lainnya pun memanfaatkan Google Adsense untuk mendapatkan keuntungan.
    Screen shot perolehan dollar hasil pemasangan iklan dari sebuah blog dengan menggunakan Google Adsense di atas adalah salah satu alasan logis mengapa menjadi Publisher Google menjadi impian sebagian besar para blogger. Tidak mudah memang untuk menjadi publisher Google Adsense, selain harus memiliki pengunjung blog yang besar dan konsisten, kita juga harus tahu teknik bermain SEO (cara untuk membuat artikel kita berada di halaman utama pencarian Google). Namun jika blog kita sudah mapan, maka sangat mungkin kita bisa mendapatkan uang jutaan, puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Kalau saya? salah satu peraturan Google Adsense adalah tidak memperbolehkan publishernya mempublish perolehannya. Jadi ya kira-kira bisa buat beli motor 1 lah tiap bulannya. (Maaf bukan untuk riya, tapi sekedar untuk pembakar semangat saja). 🙂
    Jadi buatlah dulu blog dan datangkanlah pengunjung sebanyak mungkin, jika sudah baru daftarkan ke Google Adsense, caranya baca artikel saya tentang: Cara Daftar Google Adsense.
  2. Space For Rent.
    Jika di jalanan besar kita biasa melihat ada papan nama besar yang belum ada iklannya bertuliskan “Space for Rent” atau ruang iklan untuk disewa, maka blog kita juga bisa. Jadi selain menjadi Publisher Google, kita juga bisa menawarkan slot atau ruang di blog kita untuk dipasangi iklan. Harganya tentu menyesuaikan dengan berapa besar ukuran iklan yang kita tawarkan dan tentunya juga seberapa besar pengunjung blog kita. Semakin besar pengunjung blog, maka semakin mahal harga ruang iklan di blog kita. Jadi intinya, untuk bisa mendapatkan atau menghasilkan uang dari blog, kita harus bisa mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin.
  3. Program Affiliasi.
    Sistem program affiliasi ini bisa diibaratkan seperti makelar yang mendatangkan pelanggan bagi sebuah perusahaan yang menyediakan program affiliasi agar mengarahkan pengunjung ke website perusahaan tersebut dan membeli produknya. Setiap pelanggan yang membeli produk setelah sebelumnya mengklik tautan/link yang kita letakkan di blog, maka perusahaan tersebut akan memberikan komisi kepada kita.
    Sebagai contoh, di sebelah kanan artikel ini ada 5 artikel yang Paling Disukai yang salah satunya adalah tips agar bisa mendapatkan keturunan. Di sana saya meletakkan link atau tautan yang akan mengarahkan pembaca untuk membeli vitamin di sebuah situs. Setiap pengunjung yang mengklik tautan tersebut dan kemudian membeli vitamin yang dimaksud, maka saya akan mendapatkan komisi 50rb rupiah.
  4. Menjual Produk.
    Jika Anda seorang pengusaha, maka Anda bisa memperluas jangkauan konsumen dengan blog. Katakan Anda seorang penjual perlengkapan bayi, maka Anda dapat menulis blog yang khusus membahas tentang perawatan bayi dan anak. Lalu di akhir artikel, Anda bisa menawarkan produk yang sesuai dengan tema artikel Anda.
    Selain untuk Google Adsense, program affiliasi, blog CaraPedi ini pun saya gunakan untuk menjual produk. Sebagai contoh, saya menulis artikel dengan judul: Cara Nelpon Gratis ke Sesama Telkomsel. Di artikel tersebut, saya menawarkan kepada para pembaca yang menggunakan Telkomsel untuk membeli paket Telkomsel agar bisa nelpon dan sms sepuasnya tanpa batas dengan pasangannya hanya dengan pulsa 10rb perbulan.
  5. Mengikuti Kontes SEO.
    Sebuah perusahaan yang memiliki situs online, biasanya ingin cara yang instan agar situs onlinenya tersebut dengan produk yang ditawarkan bisa segera dikenal di dunia maya. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggelar kontes SEO. Sistem kerjanya adalah dengan membuka sayembara bagi para blogger untuk membuat artikel dengan kata kunci yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya perusahaan tersebut bernama dangdingdong, maka bagi para peserta yang artikel blognya dengan judul dangdingdong ada di urutan nomor satu, dua dan tiga halaman pencarian google, maka dialah yang menjadi pemenangnya. Hadiahnya utamanya pun kadang bisa berupa sepeda motor atau uang puluhan juta rupiah. Tidak percaya? cari saja di Google dengan keyword: kontes seo.
  6. Menulis Review untuk Website Orang lain.
    Jika kita sudah memiliki blog dengan kualitas SEO yang baik, maka tentu akan banyak orang yang ingin nebeng popularitas blog kita. Contoh mudahnya, jika seorang Jokowi mengatakan: “saya minum jamu menolak angin ini karena khasiatnya luar biasa”, maka bisa dipastikan jamu tersebut akan terkenal dan laris karena direkomendasikan oleh orang yang terkenal. Jadi kurang lebih begitulah sistem kerja review website.
    Walaupun SEO blog saya ini belum sebaik para master, tapi saya sudah beberapa kali menerima tawaran untuk mereview website orang lain. Dari menulis review website tersebut, kita bisa mendapatkan bayaran antara 250 ribu hingga 500 ribu, tergantung dari hasil tawar menawar. Jika sebulan dapat tawaran dua kali saja, lumayan bukan?
  7. Menjual Blog.
    Sebuah blog yang mempunyai reputasi baik di mesin pencarian seperti Google atau Bing karena mempunyai pengunjung yang banyak, dapat berharga sangat mahal. Jika kita sedang kepepet, dan membutuhkan banyak uang, maka kita bisa menjual blog kita kepada orang lain bisa dengan menawarkan langsung di grup atau komunitas blogger atau di situs jual beli website seperti Flippa.com. Di sana saya pernah melihat di sebuah website dengan harga $4 juta (-/+ 40 Miliar). Nah untuk mengetahui berapakah estimasi atau perkiraan harga blog yang kita miliki, kita bisa memasukkan alamat blog kita di kolom situs penaksir harga blog atau website seperti http://www.worthofweb.com.
  8. Donasi dari Pengunjung.
    Anda bisa saja mendapatkan donasi dari pengunjung blog jika informasi yang Anda berikan sangat bermanfaat dan membantu bagi pembaca blog. Cara seperti inilah yang diterapkan oleh situs online besar seperti Wikipedia karena mereka sengaja tidak mengkomersilkan situs mereka dengan menjadi publisher Google misalnya, agar pembaca tidak terganggu dengan tampilan iklan.

Sebenarnya masih ada banyak cara menghasilkan uang dari blog hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Jika Anda suka menulis, apalagi menguasai skill bahasa Inggris, yakinlah bahwa Anda bisa. Jika bingung, google adalah tempat Anda bertanya.

Demikianlah Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang saya sendiri telah membuktikannya. Semoga membantu. Jika Anda suka dengan informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga dapat menjadi referensi bagi teman Anda yang sedang kesulitan mencari pekerjaan. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.