Apa itu Plugin WordPress dan Cara Menginstalnya

CaraPedi.com| Jika Anda menggunakan blog WordPress, maka Anda wajib mengetahui apa itu plugin dan bagaimana cara menginstal serta menggunakannya. Plugin itu sendiri adalah semacam fungsi atau fitur tambahan yang digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem tersebut.

WordPress yang Anda baru instal hanya membawa beberapa plugin saja. Sementara plugin-plugin penting lain harus Anda instal sendiri. Misal jika Anda ingin menambahkan tombol Like, Tweet ataupun Google Plus pada setiap postingan artikel, maka Anda butuh plugin. Jika Anda ingin blog Anda muncul di halaman pertama Google Search, maka Anda membutuhkan beberapa plugin. Jadi plugin mempunyai peran penting dalam membangun sebuah blog atau website.

Cara Instal Plugin WordPress.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menginstal plugin, yaitu dengan instal langsung tanpa upload terlebih dahulu, dan ada yang dengan cara menguploadnya. Hanya saja jika yang menggunakan cara upload terlebih dahulu, pluginnya rentan virus. Oleh karena itu saya rekomendasikan cukup pakai yang berasal dari directory plugin wordpress resmi yang dapat diinstal langsung tanpa upload.

  1. Login ke dashboard WordPress Anda. Lalu klik Plugins.
  2. Lalu klik Add New di sebelah kata Plugins (di atas).
  3. Ketikkan kata kunci plugin yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin membuat formulir pendaftaran online, maka Anda harus ketikkan kata: “form” pada kolom yang tersedia > lalu klik Search Plugin.
  4. Akan muncul banyak plugin dengan berbagai fasilitas, jika Anda paham sedikit bahasa Inggris, silahkan baca deskripsinya. Jika tidak cukup lihat rating dari jumlah bintang yang berwarna hijau. Semakin banyak bintangnya, maka semakin bagus reputasi plugin tersebut. Namun jangan tertipu, agar lebih valid, tempatkan kursor mouse Anda pada bintang tersebut hingga keluar jumlah orang yang memberikan rating pada plugin tersebut. Semakin banyak jumlah orangnya, maka semakin baik plugin tersebut.cara instal plugin di wordpress
  5. Jika sudah yakin dengan pilihan Anda, lalu klik Install Now > Active Plugin.
  6. Namun setelah terinstal, Anda masih harus mengatur plugin tersebut agar bisa bekerja dengan benar. Cari menu plugin yang baru Anda instal pada Menu Setting, atau di menu dashboard utama atau di Widget, bahkan ada juga yang ditempatkan di menu Tools (tergantung dari pembuatnya):cara instal plugin di wordpress2
    Seperti Anda lihat di atas. Plugin seperti Login LockDown dan Pingler berada pada menu Setting, sementara Social PopUp berada pada menu utama dashboard.

Demikianlah tutorial Apa itu Plugin WordPress dan Bagaimana Menggunakannya. Semoga bermanfaat. Untuk melihat tutorial WordPress lainnya silahkan lihat daftar isinya di: Tutorial Terlengkap Cara Menggunakan Blog WordPress. Like, Tweet atau komentar untuk artikel ini sangat kami harapkan. Terima Kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.