10 Tips Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

CaraPedi.com| Memiliki smartphone android seperti Blackberry ataupun iphone harus tahu cara merawat baterai agar awet dan tidak mudah drop. Disamping akan menghemat pengeluaran Anda karena harus membeli yang baru, jika baterai ngedrop tentu dapat merusak kinerja Operating System Android smartphone Anda. Hal ini pernah terjadi pada BB Z10 saya yang tidak mau dicharge karena terlalu sering kehabisan daya hingga mati total Oleh karena itu pandai-pandailah merawat baterai smartphone Anda dengan beberapa tips carapedi.com berikut ini:

Tips Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

  1. Jaga Temperatur Baterai.
    Jika baterai terlalu sering panas, maka tidak lama baterai akan menggelembung dan tidak dapat menyimpan energi listrik secara benar alias ngedrop. Oleh karena itu segera hentikan pengoperasian smartphone Anda sampai baterai menjadi dingin.
  2. Atur Pencahayaan (Brightness).
    Default atau setting pencahayaan bawaan dari smartphone termasuk dalam tingkat pencahayaan tinggi. Hal ini tentu akan menguras energi listrik baterai Anda. Turunkan tingkat pencahayaan hingga titik terendah. Dalam beberapa hari Anda sudah terbiasa dengan tingkat cahaya tersebut. Di samping irit listrik, Anda juga menjaga mata Anda.
  3. Gunakan Apps Battery Saver/Booster.
    Aplikasi battery saver sangat berguna untuk memanage kelistrikan baterai seperti akan memberi peringatan ketika baterai sudah penuh saat dicharge, menolak charge ketika dalam kondisi baterai panas, mengoptimalkan kinerja aplikasi lain dan masih banyak fitur lainnya. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di google play maupun di blacberry world.
  4. Jangan Charge Baterai Saat Masih Panas.
    Mengcharge (mengecas) baterai pada saat panas akan merusak baterai Anda, jadi hindari melakukan pengisian baterai saat suhu baterai dalam kondisi tinggi seperti setelah digunakan untuk bermain game. Dan jika sudah penuh segera cabut.
  5. Hindari Low Bat.
    Jangan terlalu sering membiarkan baterai Anda dalam kondisi low bat. Sebaiknya segera charge baterai sebelum mencapai dibawah 20%. Itulah mengapa smarphone Anda akan selalu memberi peringatan jika baterai sudah di bawah 20%. Jika perlu selalu bawa power bank jika sedang melakukan perjalanan jauh.
  6. Tutup Apps yang sudah tidak Dipakai.
    Pada saat kita menggunakan smartphone, biasanya kita bisa membuka beberapa aplikasi dalam sekali waktu. Misalnya, ketika Anda bermain game, Anda juga chat menggunakan whatsapp atau bbm. Jadi selalu lihat aplikasi yang masih terbuka, dan tutup yang sudah tidak digunakan.
  7. Gunakan Media Penghubung seperlunya.
    Jika sudah tidak digunakan, segera matikan media pengubung jaringan seperti bluetooth, GPS dan wifi karena akan sangat menguras sources baterai Anda.
  8. Nonaktifkan Fitur Getar.
    Fitur getar sebaiknya Anda matikan jika profil yang Anda gunakan sudah menggunakan suara atau nada untuk pemberitahuan panggilan atau notifikasi pesan masuk lainnya. Karena tidak efektif jika menggunakan kedua fitur tersebut sementara Anda sudah cukup dengan fitur suara.
  9. Jangan Gunakan Animated Wallpaper/Screen.
    Wallpaper atau screen saver yang bergerak akan menguras tenaga baterai Anda ketika ia dalam keadaan stand by. Jadi hindari menggunakan wallpaper atau screen saver yang bergerak.
  10. Jangan Gunakan Ketika Charging.
    Ketika dalam proses pengecasan, sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone Android Anda untuk menjalankan aplikasi terutama memainkan game berkapasitas besar. Pengalaman saya, baterai menjadi akan cepat panas dan segera rusak.

Demikianlah tips carapedi.com tentang beberapa cara bagaimana merawat baterai smartphone Android agar lebih awet. Jika Anda menyukai tips ini, mohon like dan twit atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.