Cara Membuat Menu dan Sub Menu di WordPress

CaraPedi.com| Cara Membuat Menu dan Sub Menu di WordPress – Bagi Anda yang baru saja membuat blog dengan menggunakan WordPress, tentu akan bingung untuk membuat menu atau menyetting layout (tata letak) blog Anda, baik itu menu yang ada di samping (kanan/kiri) maupun menu yang ada di atas postingan artikel. Hal pertama jika Anda akan menempatkan menu pada suatu posisi, maka Anda harus terlebih dahulu membuat menu yang akan saya terangkan di bawah ini.

Tapi sebelumnya, silahkan pahami dahulu layout yang umum digunakan dalam sebuah tema/template blog dengan menggunakan WordPress berikut ini.

Lay out menu blog wordpress CaraPedi

Keterangan:

  1. Menu yang terdapat di atas header yang disebut dengan menu Top Navigation.
  2. Menu utama dibawah header disebut Primary Navigation.
  3. Left Sidebar atau Sidebar Kiri.
  4. Right Sidebar atau Sidebar Kanan.
  5. Bagian paling bawah disebut Footer Navigation.

Yang perlu dicatat adalah bahwa tidak semua template atau thema wordpress memiliki layout seperti yang saya gambarkan di atas, ada kalanya hanya memiliki salah satu sidebar kanan atau kiri saja, ada kalanya memiliki Primary navigation dan Top navigation, tapi ada juga yang hanya memiliki Primary Navigation saja. Jadi tergantung selera yang menyusun template tersebut. Untuk melihat kelengkapan posisi tersebut, bisa dilihat di Widget dan Menu. Baiklah, sekarang mari kita bahas bagaimana cara membuat menu-menu tersebut pada blog Anda:

A. Cara Membuat Menu dan Sub Menu di WordPress

cara membuat menu dropdown pada bar wordpress

Keterangan:

  1. Klik Appearance/Tampilan
  2. Pilih Menu
  3. Untuk mulai membuat menu, klik tautan Create a new menu/Buat menu baru
  4. Beri nama menu (terserah Anda).
  5. Lalu masukkan isi menu yang Anda inginkan dengan cara mencetangnya. Ada beberapa jenis menu yang bisa Anda masukkan. Di versi WP terbaru kita bisa memasukkan 4 jenis menu yang berupa:
    • Page atau Laman. Ketika diklik akan menuju pada sebuah halaman.
    • Pos atau sebuah artikel. Ketika diklik akan menuju pada sebuah artikel, seperti contoh pada blog inggrisonline.com saya, saya menempatkan artikel TOEFL di menu header atau menu bar karena artikel ini sering dicari-cari.
    • Link atau Tautan tersuai. Ketika diklik akan menuju pada sebuah alamat/link. Biasanya untuk membuat Home Page atau Beranda. Caranya, isi kolom URL dengan domain utama blog Anda, lalu Teks Tautannya diisi: Home atau Beranda. Menu ini juga bisa Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda lainnya.
    • Category atau Kategori. Ketika diklik akan menampilkan daftar artikel yang masuk dalam kategori tersebut seperti Anda lihat pada deretan menu yang ada di bawah header blog ini.
  6. Lalu klik tombol Add to Menu untuk memasukkannya ke dalam menu.
  7. Agar bisa dropdown (ketika kursor diletakkan akan muncul menu di bawahnya), maka drag (klik kiri, tahan dan geser) sub menu menjorok ke kanan di bawah menu utama. Jika Anda ingin membuat sub menu di bawah sub menu, maka drag sub menu yang berada di bawahnya lebih ke kanan lagi.
  8. Tentukan posisi menu. Lihat kembali penjelasan tentang posisi menu di gambar pertama.
  9. Save Menu.

B. Memasukkan Menu pada Sidebar.

Seperti terlihat pada gambar kedua, menu hanya dapat ditampilkan pada Primary, Top dan Footer Navigation. Lalu bagaimana jika kita ingin menampilkannya di sidebar kanan atau kiri? Untuk menampilkan menu yang sudah kita buat pada langkah (A), maka kita harus menggunakan widget. Caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik Appearance atau Tampilan > pilih Widget
  2. Drag Custom menu atau Menu Tersuai ke posisi Sidebar yang Anda inginkan yang berada di sebelah kanan Tampilan.
    cara membuat menu atau sub menu di wordpress
  3. Lalu beri judul pada menu yang akan ditampilkan > pilih nama menu yang sudah Anda buat > klik Save atau Simpan untuk menyimpan perubahan.
    cara membuat menu dan sub menu di header wordpress

Agar terlihat rapi dan terkesan lebih profesional dalam membuat menu, maka sebaiknya perhatikan juga beberapa tips membuat menu navigasi. Demikianlah penjelasan tentang Cara Membuat Menu dan Sub Menu Pada WordPress. Semoga membantu. Jika menurut Anda tutorial ini bermanfaat, mohon bantuan share dengan memberikan Like dan Twit Anda untuk artikel ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan membutuhkan. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar