10 Tips Cara Memilih dan Membeli Laptop Yang Berkualitas

CaraPedi.com| Anda sedang berencana untuk membeli laptop namun bingung memilih tipe laptop atau notebook yang baik dan berkualitas? Saat ini banyak sekali produk laptop maupun notebook yang beredar di pasaran. Jika Anda tidak bijak dalam memilih dan membelinya, kemungkinan Anda akan menyesal karena spesifikasinya tidak sesuai ekspektasi (harapan). Oleh karena itu sebelum Anda membeli laptop, sebaiknya baca beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih laptop berikut ini.

Namun sebelumnya, mungkin Anda perlu mengetahui juga perbedaan antara laptop, notebook dan netbook. Netbook merupakan perangkat komputer portable dengan ukuran yang paling kecil (antara 9-10 inchi). Sementara ukuran notebook agak sedikit lebih besar yaitu berkisar antara 11-12 inchi dan laptop berukuran lebih besar dari keduanya. Laptop biasanya lebih tebal dan berat karena di dalamnya dilengkapi dengan internal hard drive (pemutar CD).

  1. Kebutuhan.
    Anda perlu memperhatikan untuk apa anda membeli laptop tersebut. Menurut saya ada dua tingkat kebutuhan:
    a). Ringan.
    Yang saya maksud kategori kebutuhan ringan adalah seperti sekedar untuk mengetik, mendengarkan lagu, nonton film, browsing. Spesifikasi untuk level ini cukup:
    Processor: Intel atom/intel Pentium/Pentium D/amd Athlon 64/amd Athlon x2 Ram: 1GB – 2GB
    HDD: 160 GB atau lebih.
    b). Berat.
    Termasuk kategori berat adalah game, design grafis, Video Editing dan lain sebagainya. Spesifikasi untuk gamers dan desain grafis:
    Processor: minimal intel core2duo/amd dengan kelas Athlon/Phenom/FX
    Ram: 2 GB atau lebih
    VGA: (ati, nvidia) minimal 1 Gb.
    HDD: 320 GB.
  2. Portabilitas.
    Salah satu pertimbangan seseorang membeli laptop adalah ukurannya. Jika Anda termasuk orang yang sering berpergian dan harus selalu membawa laptop, maka sebaiknya memilih ukuran laptop yang mudah untuk dibawa (portable). Namun jika Anda jarang membawa laptop dan cenderung hanya dipakai dirumah atau kantor saja, maka carilah laptop dengan ukuran inci yang besar.
  3. Merek atau Brand.
    Anda harus pintar-pintar memilih merek laptop Karena semakin banyak merek laptop yang dijual di pasaran. Alangkah baiknya membeli laptop dengan merek yang sudah terkenal atau terbukti kehandalannya. Sering-seringlah mencari informasi dan referensi yang banyak mengenai merek atau tipe laptop yang hendak anda beli tersebut karena hal tersebut akan sangat membantu anda mengetahui kualitas dari merek laptop tersebut.
  4. Garansi dan Service Center.
    Yang tidak kalah pentingnya adalah lama garansi yang diberikan kepada laptop yang hendak anda beli, semakin lama akan semakin bagus. Perhatikan juga lokasi service center laptop yang hendak anda beli. Usahakn cari laptop yang lokasi service centernya tidak jauh dari tempat kita tinggal. Hal ini akan mempermudah anda ketika terjadi kendala atau kerusakan pada laptop tersebut di kemudian hari.
  5. Konvensional vs Hybrid.
    Saat ini sudah mulai banyak model laptop yang dapat dilepas layarnya dan dapat digunakan selayaknya tablet (termasuk jenis Hybrid). Jika Anda ingin membeli laptop dan tablet, laptop dengan jenis Hybrid bisa menjadi alternativenya. Namun jika Anda hanya membutuhkan laptop saja, maka sebaiknya pilih jenis konvensional karena harga jenis Hybrid lebih mahal.
  6. Konektivitas.
    Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih dan membeli laptop atau notebook adalah perangkat sambungannya:
    USB untuk memasukkan flashdisk;
    HDMI untuk menayangkan layar laptop beserta suaranya ke media yang lebih besar seperti LCD TV;
    LAN untuk menyambung pada jaringan yang memberikan akses internet dengan kabel.
    Wifi atau Hotspot untuk menyambung jaringan yang memberikan akses internet tanpa kabel (nirkabel) dan juga bisa digunakan untuk berbagi akses internet dengan komputer lain tanpa kabel.
  7. Cek kondisi.
    Sebelum anda membeli usahakan diperiksa kembali kondisi fisik laptop tersebut. Bukan tidak mungkin terdapat kerusakan-kerusakan kecil pada laptop tersebut.
  8. Mencoba Laptop.
    Biasanya beberapa tempat penjualan laptop juga menyediakan laptop sebagai contoh yang bisa kita gunakan. Gunakan kesempatan tersebut untuk melihat performa dari laptop tersebut sebelum anda beli.
  9. Bonus.
    Biasanya untuk menarik pembeli, akan disediakan bonus-bonus baik berupa mouse, pelindung keyboard, cooling pad, pelindung lcd, pembersih lcd bahkan hingga flashdisk atau modem. Alangkah baiknya anda meminta bonus-bonus tersebut. Pengalaman saya yang paling sering diberikan sebagai bonus adalah mouse, pelindung keyboard, cooling pad, pelindung lcd, pembersih lcd.
  10. Harga Jual Kembali.
    Bukan tidak mungkin di kemudian hari anda tidak lagi merasa nyaman dengan laptop yang anda beli sekarang. Nah, karena itu anda harus memperhatikan harga jual kembali laptop anda di kemudian hari ketika anda sudanh tidak ingin menggunakan laptop tersebut itu lagi.

Demikianlah artikel tentang beberapa Tips Cara Memilih Laptop Yang Tepat. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai artikel ini, mohon Like dan Tweetnya. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.