Cara Menulis Artikel dan Membuat Kategori di Blog WordPress

CaraPedi.com| Setelah selesai dengan setting layout blog, sekarang Anda perlu membuat halaman (page) dan posting artikelnya. Perbedaan halaman dan posting artikel sendiri adalah jika halaman tidak membutuhkan kategori dan dapat digunakan sebagai halaman Home atau digunakan untuk menampilkan posting artikel sesuai kategori seperti pada blog ini. Jika Anda mengklik menu Administrasi misalnya, maka Anda akan mendapati berbagai jenis artikel dengan kategori administrasi umum.

Sementara posting artikel adalah artikel-artikel yang berisi tentang tulisan-tulisan dengan materi sesuai dengan tema pada blog Anda dan juga membutuhkan kategori. Artinya, Anda belum bisa menulis artikel jika Anda belum membuat kategori terlebih dahulu. Kalupun bisa, maka artikel Anda akan dimasukkan secara otomatis pada kategori Uncategorized (bawaan wordpress). Oleh karena itu sebelum membuat posting artikel, buatlah dahulu kategori.

A. Cara Membuat Kategori (Categories).

  1. Login ke dashboard wordpress Anda.
  2. Pilih menu Post > klik Categories (dibawah all post).
  3. Tulis kategori yang Anda inginkan pada Name untuk nama kategori (slug dikosongi saja) > Add New Category.

B. Cara Membuat Posting Artikel.

Setelah Anda berhasil membuat daftar kategori, selanjutnya adalah membuat artikel. Untuk membuatnya:

  1. Klik tombol New > pilih Post:
    cara membuat artikel pada wordpress 1
  2. Kemudian ketik artikel Anda pada kolom yang tersedia. Menu dan penggunaan yang terdapat pada penulisan blog pada umumnya sama seperti pada Word Office. Tapi diantaranya mungkin ada yang asing bagi Anda, seperti:
    menu blog pada wordpress 2
    1). Add Media untuk mengupload berbagai macam file seperti gambar, musik maupun file MS Office.
    2). Bockquote berfungsi untuk menampilkan suatu kalimat dengan tekanan tinggi. Caranya block kalimat yang penting kemudian Anda klik icon Blockquote.
    3). Link berfungsi untuk menyambungkan satu kata yang Anda tentukan agar mengarah pada halaman tertentu. Misalnya ketika Anda diminta untuk keterangan lebih lanjut “baca di sini“. Maka ketika Anda mengklik kata tersebut Anda sebuah halaman baru akan terbuka. Caranya cukup block kata yang Anda inginkan, lalu klik icon link dan isikan alamatnya di kolom url.
    4). Untuk menyembunyikan atau memunculkan menu pengedit teks. Silahkan klik untuk mengetahui fungsi secara langsung.
    Icon lain yang belum Anda ketahui seperti yang terdapat dalam Ms Word adalah tidak penting untuk sementara ini.
  3. Jika sudah yakin dengan tulisan Anda, dan ingin segera mempublikasikannya, maka pastikan Anda centang salah satu kategori sesuai dengan tema tulisan > kemudian klik Publish. Namun jika Anda belum selesai dan ingin menyimpan tanpa mempublikasikannya cukup klik Save Draft. Draft tersebut bisa Anda lihat di menu Post pada bagian Draft.

Tips:

  1. Agar lebih mudah diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Anda bisa menambahkan kata-kata kunci pada kolom tag dengan dipisah tanda koma. Misal untuk tag pada tulisan ini adalah: cara, menulis, artikel, blog, wordpress > kemudian publish untuk menyimpannya.
  2. Untuk membuat paragraf baru dimana paragraf tersebut sedang diberi penomoran dan Anda belum ingin menjadikan paragraf tersebut sebagai nomor berikutnya, silahkan klik Enter + Sift.

Demikianlah tutorial Cara Membuat Posting Artikel di Blog WordPress. Untuk melihat daftar isi tutorial lain dalam mengolah blog wordpress, silahkan klik DI SINI. Semoga membantu dan jika Anda menyukai tulisan ini, mohon share dengan mengklik salah satu tombol Like atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.