Cara Membuat Halaman (Page) Baru di Blog WordPress

CaraPedi.com| Pada blog WordPress, selain di post artikel, kita juga dapat membuat tulisan di halaman atau page. Kebanyakan page digunakan untuk membuat indeks atau daftar isi dari sebuah blog atau website. Ada juga yang menggunakannya sebagai halaman term of service (peraturan) blog atau untuk kepentingan menghubungi pihak pengelola blog dengan form contact us. Anda juga bisa menggunakannya sebagai halaman About Us (tentang kami), agar pengunjung mengenali siapa pemilik blog.

Membuat halaman pada blog WordPress terbilang cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login terlebih dahulu ke admin WordPress Anda.
  2. Kemudian klik + New (di sebelah atas) > pilih Page.
  3. Berikan judul pada halaman tersebut. Tips: jangan membuat judul terlalu panjang, cukup 1 atau 2 kata. Karena judul tersebut akan ditampilkan sebagai menu. Misalnya: Beranda, Tentang Kami, Hub Kami, TOS, Testimoni, Cara Pesan dsb.
  4. Setelah itu, tulis isi dari halaman tersebut dan jika selesai, silahkan setting tampilan halaman dengan mengelola Page Attributes di kolom sebelah kanan:
    cara membuat halaman di blog wordpress
    Ket:

    • Parent: Jika Anda pasang no parent, maka ia tidak mempunyai induk halaman (berdiri sendiri). Jika Anda pilih salah satu halaman yang sudah Anda buat sebelumnya, itu artinya jika pengunjung meletakkan kursor di atas halaman induk, maka akan ada halaman lain yang muncul di bawahnya (drop down).
    • Template: adalah tampilan halaman dan peruntukkannya. Ada beberapa pilihan tampilan:
      – Post Page: Halaman yang menampilkan semua artikel.
      – Categori Page with Intro: Menampilkan artikel pada kategori tertentu.
      – One column no sidebar: Hanya halaman tanpa sidebar (kolom pinggir).
      Opsi di bawah lainnya adalah halaman dengan variasi jumlah kolom dan sidebar.
  5. Jika sudah yakin, maka langkah terakhir adalah dengan > klik Publish untuk mempublikasikannya. Selesai.

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana Cara Membuat Halaman (Page) Baru di Blog WordPress. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai postingan ini, mohon share dengan klik Like atau Tweet di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.