Cara memasukkan Berbagai File ke dalam Artikel WordPress

CaraPedi.com| Setelah paham cara membuat halaman dan artikel, maka Anda harus memahami cara memasukkan file yang diperlukan ke dalam artikel blog Anda. File-file tersebut merupakan bahan tambahan tulisan pada artikel blog Anda untuk semakin memperjelas penjelasannya. Ada bermacam-macam file dan caranya juga berbeda-beda. Berikut beberapa file yang sering dimasukkan dalam artikel blog:

  1. Foto.
    Yang paling sering dimasukkan ke dalam postingan adalah foto yang berfungsi untuk menampilkan contoh dalam bentuk gambar ataupun screen shot atau galeri dan lain sebagainya.
    Caranya: Klik tombol Add Media di sebelah atas teks editor > pilih tab Upload Files > Select file > Pilih file foto yang ingin Anda masukkan > klik Open dan tunggu hingga terupload secara sempurna > Insert into Post. (Usahakan klik Add Media, kursor ditempatkan pada tempat dimana foto akan diletakkan).
  2. File Dokumen.
    Termasuk file dokumen yang biasa diupload adalah MS Word dan PDF. Ada dua cara memasukkannya ke dalam artikel blog.

    • Menampilkan Link Downloadnya.
      Biasanya untuk mempercepat kinerja blog, dokumen aselinya tidak diperlihatkan, dan hanya diberi link downloadnya. Caranya: lakukan seperti pada nomor 1 > setelah insert, ambil url tersebut dengan cara di-cut > Tulis satu kata, misalnya untuk membaca silahkan klik DI SINI > block kata di sini > tekan tanda rantai di text editor di atas > masukkan url tersebut ke dalam kolom url > klik Add Link.
    • Menampilkan Dokumen Aseli.
      Jika Anda ingin menampilkan dokumen dalam format aselinya (word/pdf), maka Anda butuh plugin bernama Google Doc Embedder. Caranya instal plugin tersebut (cara instal plugin, baca DI SINI), kemudian masuk ke artikel > kemudian ulangi cara seperti pada nomor 1. Bedanya yang dimasukkan adalah file berjenis dokumen.
  3. Musik.
    Untuk bisa menampilkan file musik atau suara lain seperti pidato, dan pembacaan teks lainnya, asalkan dalam format MP3, maka Anda haru menginstal plugin HTML5 MP3 Player terlebih dahulu > Masukkan file musik seperti cara pada nomor 1, lalu cut url tersebut > cari menu HTML5 Mp3 Player di kolom sebelah kiri > Add playlist > Beri Judul > Masukkan url yang dicut tadi > klik Save Playlist > setelah itu akan terlihat short codenya > copy dan masukkan ke dalam artikel.
    Jika khawatir akan memakan banyak memory, simpanlah di penyedia penyimpanan file gratis seperti 4shared, kemudian ambil urlnya untuk dimasukkan ke dalam HTML5.

Demikianlah penjelasan tentang Cara memasukkan Berbagai File ke dalam Artikel WordPress. Jika masih ada yang bingung, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Like dan Tweet Anda adalah semangat kami untuk terus berkarya memberikan informasi yang bermanfaat lainnya.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.