Tips Cara Agar Cepat Tidur di Malam Hari Tanpa Obat

Cara Pedi.com| Sudah mencoba berbagai cara agar cepat tidur nyenyak di malam hari tanpa obat tapi tetap tidak bisa? Memang tidak mudah mengatasi insomnia. Jika Anda ingin mengatasinya secara alami tanpa obat-obatan kimia, maka Anda harus sedikit berusaha ekstra untuk mewujudkannya. Berikut beberapa tips agar bisa cepat tidur di malam hari tanpa obat:

A. Kondisikan Ruangan:

Kondisi atau suasana yang nyaman dan tenang sangat berpengaruh pada usaha Anda untuk tidur lebih cepat. Oleh karena itu usahakan mengatur:

  1. Atur Pencahayaan. Sesuaikan cahaya di ruang tidur Anda. Ada yang baru bisa tidur dalam keadaan gelap, ada yang remang-remang, bahkan ada yang lampu harus tetap menyala. Pilih sesuai dengan kecenderungan Anda.
  2. Atur Suhu ruangan. Suhu terlalu panas tentu akan menyebabkan keringat dan membuat tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur. Atur pada posisi yang sejuk agar memberikan kesegaran.
  3. Gunakan Pakaian Tidur. Pakaian tidur atau piyama yang longgar dan ringan akan membuat perasaan kita lebih rileks. Jika tidak ada piyama, gunakan kaos longgar dan celana kolor.
  4. Bersihkan Tempat Tidur. Kebersihan tempat tidur juga dapat mempengaruhi kenyamanan tidur Anda. Bersihkan selalu dengan vakum cleaner atau sapu lidi khusus dan jemur setiap maksimal sebulan sekali.
  5. Atur Tata Letak Barang.Tidur dalam ruangan berantakan secara psikologis akan mempengaruhi pikiran Anda untuk bisa tenang. Atur kembali barang-barang di kamar tidur Anda sebaik mungkin.
  6. Atur Warna Ruangan. Warna dalam kamar biasanya lebih bebas daripada di ruang tamu. Jadi coba ubah warna cat kamar tidur Anda dengan warna yang lebih sejuk dan menyenangkan.

B. Lakukan Kebiasaan Baik.

  1. Atur Jadwal Tidur. Buatlah jadwal tidur dan bangun. Jadwal tidur akan membuat Anda membuat deadline akhir kapan harus tidur. Berbeda jika tidak ada target tidur, akan timbul kecenderungan untuk mengulur-ulur waktu tidur.
  2. Olahraga Teratur. Olahraga dapat menyegar-bugarkan tubuh dan membuat otak menjadi lebih fresh sehingga terhindar dari stress yang merupakan faktor utama penyebab insomnia.
  3. Hentikan Merokok. Rokok akan meningkatkan kerja jantung Anda sehingga sulit untuk memejamkan mata.
  4. Hindari Narkoba dan Alkohol. Sama seperti rokok, narkoba dan alkohol dapat menyebabkan seseorang lebih bersemangat sehingga sulit untuk tidur.
  5. Hindari Caffein. Hindari kopi, teh dan makanan atau minuman yang mengandung kafein setelah jam 18.00.
  6. Jangan Makan Makanan Berat. Makan makanan berat seperti nasi yang mengandung karbohidrat tinggi hanya akan meningkatkan lagi energi dan stamina Anda sehingga tubuh justeru tidak mau diajak istirahat.
  7. Konsumsi Tumis Kangkung atau Terong. Sayur-sayuran yang mengandung banyak zat magnesium secara klinis dan empiris terbukti dapat menyebabkan kantuk berat.
  8. Minum Coklat. Minum cokelat dapat membuat badan, pikiran dan perasaan kita lebih rileks sehingga lebih mudah untuk tidur.
  9. Berdoa Sebelum Tidur. Berdoalah agar mohon kepada Allah swt agar diberi tidur yang nyenyak dan mimpi yang indah.

C. Nyamankan Tubuh dan Pikiran.

  1. Bayangkan Hal yang Menyenangkan. Jika Anda ingin bisa tidur, maka hindarkan untuk sementara waktu hal-hal yang menyedikan dan beban hidup yang Anda alami. Lupakan sejenak hutang dan bayangkan hal yang indah.
  2. Gunakan Bantal untuk Ganjal Kaki. Jika perlu gunakan cara ini dapat untuk menghilangkan pegal di kaki Anda.
  3. Lakukan Kebiasaan yang Bisa Membuat Mengantuk. Saya biasanya akan cepat sekali tidur jika menonton film barat. Adik saya lebih mudah untuk tidur jika mendengarkan musik Kenny G. Nah temukan hal yang bisa membuat Anda cepat tidur.
  4. Mandi Air Hangat. Jika Anda ingin tidur nyenyak pada malam hari, mandilah dengan air hangat diberi sedikit garam (kurang lebih satu genggam/1 ember). Cara ini akan merelaksasi saraf-saraf Anda.

Demikianlah penjelasan tentang Tips Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari Tanpa Obat. Semoga malam ini, Anda bisa tidur dengan nyenyak. Like dan Tweet Anda untuk artikel ini adalah semangat kami untuk terus memberikan informasi yang bermanfaat. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.