10 Tips Cara Mengobati Luka Agar Cepat Kering

CaraPedi.com| Setiap orang pasti pernah terluka. Luka kecil biasanya cepat kering, namun luka besar biasanya akan sulit untuk kering. Bahkan jika Anda tidak mengobatinya dengan benar bisa jadi luka tersebut bernanah. Berikut ini adalah 10 Tips atau Cara Mengobati Luka Agar Cepat Kering yang bisa Anda coba:

  1. Mencuci Luka Dengan Air Putih.
    Langkah ini berguna untuk mengurangi/menghilangkan kotoran pada luka baik berupa tanah, debu atau lainnya. Lakukan pada saat Anda baru saja terluka. Untuk penanganan pertama ini, pasti akan terasa perih.
  2. Gunakan Rivanol.
    Rivanol berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kuman pada luka. Peran rivanol menjadi sangat penting karena akan mencegah luka menjadi semakin parah atau infeksi.
  3. Hindari Luka Terkena Air.
    Jika anda ingin luka anda cepat kering maka hindari kontak luka dengan air, selain menyebabkan luka tetap basah, air juga mengandung zat-zat yang membuat proses penyembuhan luka menjadi tidak efisien.
  4. Taburkan Gula/Tebu.
    Gula atau bisa juga tebu yang ditaruh pada borok ataupun luka yang belum kering. Lakukanlah secara teratur agar luka cepat mengering dan mengakibatkan bakteri yang ada di air lengket pada luka akan mati.
  5. Bubuk Kopi.

    Bubuk kopi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Penggunaanya sama seperti menggunakan gula, taburkan secara merata pada luka, usahakan tidak terkena air dengan frekuensi pemakain 3x sehari.
  6. Olesan Madu.
    Oleskan madu pada luka, tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat.
  7. Minyak Tawon.
    Di sini saya menyarankan kalian untuk memakai Minyak Tawon, selain untuk mempercepat pengeringan luka, minyak tawon juga tidak membuat kita kaku dan tidak terlalu pedih dalam pemakaiannya.
  8. Pengobatan dari dalam tubuh.
    Setelah pengobatan dari luar, Pengobatan dari dalam juga perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka yaitu dengan mengkonsumsi Dexametashon atau Amoxicillin.
  9. Banyak Konsumsi Protein.
    Hal ini sangat berguna karena untuk proses penyembuhan luka tubuh kita memerlukan protein alat sebagai pembentuk daging yang akan menutupi luka kita.
  10. Jangan Tutup Luka terlalu Rapat.
    Menutup luka memang baik untuk menghindari luka dari terkena kuman. Namun jika terlalu rapat dan terlalu lama dibungkus, biasanya luka justru mudah bernanah karena tidak mendapatkan angin yang bisa mengeringkan zat cair.

Demikianlah beberapa tips atau cara agar luka yang kita alami dapat sembuh atau kering lebih cepat. Semoga bermanfaat. Like dan Tweet Anda untuk artikel ini adalah semangat kami untuk terus memberikan informasi yang bermanfaat lainnya.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.