Cara Menginstal atau Mengganti Thema Blog WordPress

Carapedi.com| Masih melanjutkan tutorial lengkap cara menggunakan blog WordPress, berikut ini adalah bagaimana cara kita menginstal atau mengganti thema atau template blog. Yang jelas, sebelum menginstal thema, sebaiknya carilah thema yang sesuaikan dengan topik dari blog tersebut. Contoh, untuk blog berita sebaiknya menggunakan halaman depan (home page) dengan banyak kolom.

Ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk menginstal atau mengganti thema pada blog dengan platform WordPress:

A. Upload Thema Online.

Cara yang pertama ini saya katakan tanpa uload thema karena bisa langsung instal secara otomatis dengan melihat daftar thema yang tersedia dalam direktori thema wordpress.org.

  1. Masuk atau login ke dashboard blog wordpress Anda.
  2. Buka menu Appearance > Kemudian pilih Themes > Add new Theme.
  3. Setelah itu akan muncul tampilan filtering opsi untuk menyaring dan menentukan thema seperti apa yang Anda inginkan. Beberapa kategori yang dapat digunakan untuk memfilter adalah: Colors, Columns, Features, Subject. Anda tinggal mencentang (checklist) kategori sesuai kebutuhan lalu klik tombol Find Themes. Anda juga bisa langsung mengetikkan satu kata tertentu seperti “law” untuk thema blog hukum/advocat.
  4. Jika sudah ketemu, lalu preview terlebih dahulu agar lebih jelas perubahannya dan jika sudah yakin langsung Install Theme > Active.

B. Upload Thema Offline.

Cara kedua biasanya digunakan jika thema yang terdapat dalam direktori thema wordpress.org yang sesuai dengan keinginan tidak ditemukan dan mendapat thema melalui google search. Untuk bisa upload dan instal thema dari komputer Anda, format file harus dalam bentuk .zip. Namun hampir 99% thema wordpress yang beredar disimpan dalam bentuk .zip.

  1. Masuk atau login ke dashboard blog wordpress Anda.
  2. Buka menu Appearance > Kemudian pilih Themes Add new Theme.
  3. Setelah itu pilih tombol upload seperti terlihat di bawah ini:
    cara instal thema wordpress
  4. Ambil thema yang ingin Anda instal dari komputer. Lalu klik Instal dan Active.

Demikianlah tutorial cara menginstal thema blog dengan platform wordpres. Semoga membantu. Like dan Twit Anda adalah semangat kami untuk terus berkarya. Terima Kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.