Cara Memasang Favicon, Header dan Background Blog

A. Pengenalan.

Carapedi.com| Setelah merubah judul dan deskripsi blog, biasanya saya lantas memasang favicon, logo dan background blog. Lalu apa itu favicon? Favicon adalah icon utama yang muncul pada address bar suatu website. Contohnya silahkan lihat di tab browser ini (atas), di sana Anda akan melihat huruf “C” berwarna biru . Sementara Header biasanya terletak di kepala blog (dalam istilah surat adalah kop surat). Contohnya lihat tulisan CaraPedi.com dengan latar warna hijau di atas.

Beda kedua istilah di atas dengan background? Tentu Anda sudah tahu atau minimal bisa menebak. Ya, jika Anda melihat latar dengan warna abu-abu tua pada blog ini, itulah yang disebut dengan background.

B. Cara Memasang.

  1. Favicon.
    Beberapa thema atau template tertentu, menyediakan fasilitas langsung untuk mengupload favicon tanpa harus menghinstal dengan plugin. Jika Anda sudah mencari dalam setting thema tidak terdapat menu atau fasilitas tersebut, maka Anda bisa menggunakan plugin: All in One Favicon, dengan menginstalnya melalui add plugin. Ukuran maksimal favicon adalah 64 x 64 pixel dan rekomendasinya menggunakan format .PNG (.JPEG juga bisa). Bagi yang belum bisa mengganti format JPEG menjadi PNG berikut cara merubah ukurannya dengan cara yang mudah, silahkan baca di SINI.
  2. Header
    Untuk mengupload header, Anda harus membuat gambar dengan panjang dan lebar sesuai dengan lebar dan panjang kolom blog. Karena jika melebihi maka akan ada bagian gambar yang terpotong. Caranya:

    • Login ke dashboard wordpress Anda.
    • Klik Apparance > pilih Header > klik Browse lalu ambil gambar yang sudah Anda siapkan di folder komputer > pilih dengan klik OK > kemudian klik Upload.
    • Langkah terakhir adalah dengan klik Save Changes.
  3. Background.
    Gambar background biasanya berupa warna dasar yang rata dengan motif yang tidak terlalu ramai. Anda bisa mencarinya di google dengan mengetikan nama warna yang Anda inginkan, lalu klik Image untuk melihat daftar warnanya. Setelah Anda download, silahkan upload dengan cara:

    • Login ke dashboard wordpress Anda.
    • Klik Apparance > pilih Background > klik Browse lalu ambil gambar yang sudah Anda siapkan di folder komputer > pilih dengan klik OK >  kemudian klik Upload.
    • Namun sebelum save, silahkan coba tentukan tiga pilihan berikut ini:
      – Position;
      – Repeat;
      – Attachment.
    • Jangan lupa Save Changes untuk menyimpan background tersebut. Jika masih tidak sesuai dengan keinginan, silahkan ganti ketiga pilihan di atas dan lihat perubahannya sampai sesuai.

Demikianlah penjelasan lanjutan tentang tutorial cara menggunakan blog wordpress dari dasar. Semoga bermanfaat.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.