Pengertian Permalink dan Bagaimana Cara Mengaturnya

A. Definisi/Pengertian.

Carapedi.com| Apa itu permalink? Bagi para master blog tentu istilah permalink tidak asing lagi. Permalink adalah URL atau alamat dari sebuah artikel suatu blog yang dapat kita lihat di kolom browser. Permalink biasanya diambil dari judul sebuah artikel. Namun begitu kita bisa merubahnya.
Contoh:

permalink

Jika hilang satu huruf saja, maka kita tidak dapat membuka artikel tentang cara merubah foto profil BBM yang terdapat dalam blog carapedi.com ini.

B. Jenis Permalink dan Cara Settingnya.

cara setting permalink

Jika dilihat dari settingan diatas, maka jenis atau model permalink adalah sebagai berikut:

  1. Default.
    Jika kita menggunakan ini, maka hanya akan tampil nomor artikel setelah url dasar. Disamping tidak menarik, model ini sangat jarang dipakai karena tidak bersahabat dengan Search Engine.
  2. Berdasarkan Tanggal/Bulan/Tahun/nama-artikel.
    Permalink ini juga jarang digunakan karena membuat permalink sebuah artikel menjadi sangat panjang. Lagi pula tidak ada urgensinya memasang tanggal, bulan dan tahun pada permalink artikel.
  3. Berdasarkan bulan dan tahun pembuatan.
    Contohnya seperti gambar di atas. Jadi setelah alamat/url blog dasar yaitu carapedi.com, akan diikuti oleh bulan dan tahun ketika artikel tersebut dibuat. Hal ini karena awalnya saya tidak tahu dan wordpress menggunakan default model ini (sudah bawaan).
  4. Berdasar Numeric.
    Jika menggunakan model ini, maka sebelum judul artikel akan diberi kata Archive. Model ini juga jarang digunakan.
  5. Berdasarkan Judul Artikel.
    Berbeda dengan keempat model di atas, permalink ini tidak menyertakan embel-embel apapun setelah alamat dasar suatu blog. Model ini lebih simple dan banyak digunakan oleh para master. Saya pun ikut menggunakannya jika membuat blog baru.
  6. Custom Structure.
    Model permalink yang satu ini disediakan bagi kita jika ingin membuat permalink berdasarkan sesuatu yang tidak ada dalam pilihan di atas. Biasanya model ini digunakan mendasarkan sebuah artikel untuk sebuah kategori.
    Model permalink ini yang paling saya hindari karena jika suatu saat kita ingin membuat kategori baru, kemudian mengganti kategori yang lama dengan yang baru maka secara otomatis artikel tersebut juga akan berubah. Contohnya: http://carapedi.com/blog/cara-merubah-mengubah-mengganti-foto-profil-bbm. Berarti kategori artikel tersebut adalah “blog”.

Lalu bagaimana cara menyetting/mengaturnya? Untuk sementara saya hanya akan share bagi para pengguna WordPress.

Pertama masuk atau login ke dashboard blog wordpress Anda > Pilih Setting > Klik Permalinks > Kemudian pilih model permalink yang Anda inginkan > lalu Update Setting. Usahakan lakukan ini sebelum Anda membuat artikel atau posting pertama Anda karena jika sudah membuat banyak artikel, maka Anda akan kehilangan pengunjung karena alamat artikel berubah semua.

Demikianlah sedikit pengenalan tentang permalink dan bagaimana cara menyettingnya. Semoga membantu. Like dan Twit Anda adalah motivasi kami untuk terus memberikan informasi yang bermanfaat.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.