Tips Cara Aman Bertransaksi di Tokobagus dan Berniaga

Carapedi.com| Forum atau lapak jual beli online sekarang banyak bertebaran di internet. Salah dua yang paling terkenal adalah tokobagus dan berniaga yang menyediakan layanan gratis bagi para penjual mengiklankan barang dagangannya. Namun tidak sedikit yang harus kecewa karena menjadi korban para penipu yang memasang barang dagangannya di kedua situs tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli barang yang dipajang di tokobagus dan berniaga, baiknya baca tips cara aman bertransaksi di tokobagus dan berniaga berikut ini:

  1. Jangan Mudah Percaya Dengan Harga Murah.
    Satu hal yang membuat calon pembeli gelap mata adalah murahnya harga barang. Kelemahan inilah yang menjadi senjata utama para penipu untuk melancarkan aksinya.
  2. Pastikan Anda Sudah Bertemu dengan Penjual.
    Jangan pernah mengirimkan uang sepeserpun jika Anda belum pernah bertemu dengan penjual dan memastikan kondisi barang sekalipun status pengiklan seperti di tokobagus sudah Verified. Bagaimana jika jauh, cobalah minta tolong teman yang berada di kota penjual untuk menemui penjualnya.
  3. Hindari Transfer di Akhir Pekan.
    Para penipu sering beroperasi pada akhir pekan atau weekend (sabtu dan minggu) dimana seluruh bank sedang libur. Mengapa demikian? karena mereka tahu bahwa uang yang sudah ditransfer dapat ditarik kembali jika korban melapor ke bank yang mengeluarkan rekening bank penipu bahwa ia telah menjadi korban penipuan.
  4. Cek Nomor Rekening Penjual.
    Jika Anda terpaksa harus membeli tanpa bertemu, ada baiknya Anda memastikan nomor telp atau yang lebih akurat adalah nama dan nomor rekening penjual di internet. Cara mengecek rekening penjual di internet adalah penipu atau bukan, Anda bisa mengetik nama dan nomor rekening penjual ke search engine seperti Google atau situs-situs seperti: DataPenipu.com.
  5. Laporkan ke Pihak yang Berwajib.
    Jika Anda sudah terlanjur menjadi korban segeralah melapor kepada pihak yang berwajib. Bisa langsung datang ke kantor polisi terdekat atau melapor secara online di alamat email kepolisian RI bagian cybercrime. Caranya? silahkan baca artikelnya DI SINI.

Demikianlah Tips Cara Aman Bertransaksi di Tokobagus dan Berniaga. Semoga bermanfaat dan Mohon sharenya dengan mengklik salah satu tombol sosial media di bawah ini agar teman-teman atau orang yang kita sayangi tidak ikut menjadi korban.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.