Cara Deteksi Kerusakan Mobil dari Gejala dan Lampu Indikator

Carapedi.com| Tentu kita tidak ingin mobil kita tiba-tiba mogok di tengah jalan. Oleh karena itu kita harus tahu cara mendeteksi atau mengetahui gejala kerusakan mobil sehingga tidak berdampak sistemik. (spare part yang tidak rusak jadi ikut kena). Berikut beberapa gejala jika mesin mobil sudah mulai membutuhkan perawatan:

A. Dari Gejalanya:

  1. Tenaga Lemah dan Tersendal-sendal.
    Elemen penting dari sebuah mesin mobil adalah kampas kopling, jika kampas kopling sudah rusak, maka bisa berakibat pada matinya mesin. Hal ini tentu akan menyulitkan kita jika sedang dalam perjalanan jauh dan berada jauh dari pusat kota atau bengkel.
    Gejala: Jika pedal gas diinjak tapi tenaga tidak ada atau melemah dan terkadang tersendal.
    Tips: Segera ganti kampas kopling beserta mataharinya.
  2. Air Radiator Cepat Habis.
    Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika radiator tidak bekerja dengan baik, tentu akan membuat mesin menjadi sangat panas dan bisa mogok atau bahkan mengebul.
    Gejala: Air radiator cepat sekali habis, dan ketika stok air dalam radiator sangat minim, dapat menimbulkan bunyi seperti teko yang berbunyi karena air sudah mendidih.
    Tips: Segera ganti beberapa jaring radiator yang sudah rusak atau sobek, dan usahakan ganti air radiator dengan water Coolant. Jika tidak periksalah kipas pendingin apakah bekerja atau tidak.

B. Dari Lampu Indikator:

  1. Lampu Indikator ABS.
    lampu indikator abs
    ABS adalah singkatan dari Anti Lock Braking System biasanya terdapat pada mobil dengan teknologi mutakhir yang berfungsi agar kampas rem tidak terkunci jika pengemudi mengerem mendadak. Jadi meskipun menyala rem tetap dapat bekerja seperti biasanya.
  2. Lampu Indikator Aki.
    lampu indikator accu
    Jika lampu indikator ini menyala, maka sistem kelistrikan mobil, seperti masalah kinerja alternator, regulator, dan kabel-kabel penghubung tidak optimal. Cek apakah ada soket kabel yang terlepas dari tempatnya.
  3. Lampu Indikator Tekanan Oli.
    lampu indikator tekanan oli
    Saat lampu ini menyala segeralah cek oli mesin mobil Anda, apakah masih banyak atau berkurang. Jika masih banyak kemungkinan besar pompa olinya tidak bekerja dengan baik. Segeralah bawa ke bengkel karena bisa berakibat pada kerusakan mesin.
  4. Lampu Indikator Suhu Mesin.
    lampu indikator temperatur mesin
    Dalam kondisi mesin sudah melebihi batas maksimum suhu yang ditentukan, lampu indikator ini akan menyala. Periksalah apakah air radiator perlu diisi atau karena kipas mobil tidak bekerja dengan baik.
  5. Lampu Indikator Cek Mesin.
    lampu indikator periksa mesin mobil
    Hal yang paling fatal adalah jika lampu ini menyala karena terdapat kerusakan pada komponen mesin. Segeralah bawa ke bengkel untuk mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki atau diganti karena pada umumnya bengkel mobil yang lengkap sudah memiliki alat yang dapat mendeteksi kerusakan komputer dengan komputer.

Demikianlah sharing seputar perawatan mesin mobil Anda. Semoga bermanfaat dan mohon berikan like atau twit Anda. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.