Cara Membuat Android Jadi Modem Paling Mudah

Carapedi.com| Cara Membuat Android atau Tablet Jadi Modem Komputer – Setidaknya ada dua cara untuk bisa menjadikan atau membuat Smartphone Android, blackberry ataupun tablet menjadi modem untuk komputer atau laptop tanpa menggunakan kabel data atau melalui wifi, yaitu menggunakan Hotspot dan Tethering. Kebanyakan smartphone keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Hotspot. Oleh karena itu, pada artikel ini saya hanya akan share tentang bagaimana cara membuat Android menjadi modem dengan menggunakan hotspot selular atau portable.

Cara Membuat Android Jadi Modem

  1. Cari menu Penyetelan/Setting pada handphone android Anda. Lalu pilih Koneksi Jaringan/Network Connection yang di dalamnya terdapat setting jaringan seluler, wifi, bluetooth atau hotspot.

    Jika Anda tidak dapat menemukan menu Hotspot, klik tombol More seperti terlihat di bawah ini:cara android jadi modem step 1
  2. Kemudian pilih menu Hotspot Selular atau Portable hotspot atau apapun istilahnya di handphone Andorid Anda, yang penting ada kata hotspotnya.
    cara android jadi modem step 2
  3. Jika sudah lalu setting terlebih dahulu setelan konfigurasinya untuk membuat nama hotspot yang akan muncul di jaringan komputer berikut dengan password hotspotnya. Yang perlu Anda catat adalah, setelah Anda menyetel nama hotspot dan passwordnya, untuk bisa menggunakannya, Anda harus menyalakan menu hotspot handphone Android Anda seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini yang saya beri kotak warna kuning.
    cara android jadi modem step 4
  4. Pada saat memilih Jenis Keamanan, pilih yang WPA2 Personal/WPA2 PSK. Lalu ketika membuat password, Anda harus menggunakan kombinasi huruf dan angka serta panjang password minimal 8 digit. Lebih jelasnya lihat di bawah ini:
    cara android jadi modem step 5
  5. Jika sudah sekarang Anda menyalakan hotspot seluler seperti saya jelaskan pada poin 3 dan juga menyalakan wifi laptop atau komputer dengan menekan tombol function (fn) dan gambar wifi (biasanya pada tombol f2) secara bersamaan pada keyboard komputer atau laptop Anda. Jika sudah menyala, maka Anda tinggal koneksikan kemanapun Anda suka. Anda bisa sambungkan dengan laptop, komputer atau sesama Android. Jika menggunakan komputer atau laptop maka, cara menyambungkannya kurang lebih seperti pada gambar yang terlihat di bawah ini:
    cara menjadikan android sebagai modem step 6
  6. Jika tidak ada masalah, maka nama hotspot (seperti dalam shot screen di atas: CaraPedi.com spot) akan muncul, lalu klik sekali sampai muncul menu Connect. Lalu masukkan password hotspot Android Anda. Jika tidak ada tanda seru (!) pada sinyal, maka komputer atau laptop Anda sudah terkoneksi dengan internet. Selesai.

Demikianlah Cara Membuat Android Jadi Modem untuk laptop, komputer atau sesama gadget. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.