Cara Menanam Terong di Pot atau Polybag

Carapedi.com| Siapa yang tidak kenal dengan sayur terong? hampir semua dari kita pernah menikmatinya. Tapi tahukah Anda bahwa menanam terong dalam pot atau polybag selain bisa menikmati buahnya, kita bisa membuatnya menjadi tanaman hias seperti terlihat di bawah ini:

Terong (5)Jika tanaman tersebut ditanam dalam pot tentu tidak akan kalah menariknya dengan gelombang cinta. Lalu bagaimana cara menanam terong dalam pot atau polybag seperti di atas? berikut caranya:

  1. Belilah terlebih dahulu bibit terong yang sudah siap tanam di toko pupuk terdekat. Jika hanya untuk konsumsi pribadi, belilah yang sudah dibungkus dalam bentuk eceran. Harganya kurang lebih Rp.5000,- dengan isi kurang lebih 100 bijian.
  2. Semailah bibit tersebut dengan menggunakan media sekam (kulit padi yang sudah dibakar) dicampur tanah dengan perbandingan 1:1. Ketika menyemai diberi jarak antara satu biji dengan yang lain minimal 1 cm agar akarnya tidak banyak yang terlilit antara yang satu dengan yang lain dan taburilah bibit tersebut dengan tanah (tipis saja).
  3. Sirami bibit tersebut minimal sehari sekali (rekomended: sore), dengan semprotan saja, jika tidak punya cukup dipercikan agar bibit tidak lari terkena air.
  4. Dalam waktu kurang lebih 2 minggu, bibit akan tumbuh setinggi -/+ 5 cm. Pindahlah ke dalam pot yang sudah diisi dengan tanah, sekam dan pupuk kandang atau pupuk organik yang bisa didapatkan di toko pupuk terdekat.
    Jika pot ditaruh diatas permukaan non tanah, usahakan beri lubang yang bisa diakses oleh akar jika sudah besar. Berikut ini foto terong selang 1 bulan dari gambar di atas dengan akar sampai masuk ke tanah di luar polybag:
    cara menanam terong dalam polibag atau pot
  5. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan pupuk yang khusus digunakan untuk mempercepat pertumbuhan pohon dan buah. Ingat, siramilah setiap sore (lebih baik lagi jika pagi hari juga). Selesai.

Demikianlah share pengalaman bagaimana Cara Menanam Terong di Pot atau Polybag. Semoga bisa menjadi salah satu alternative untuk tanaman sayur plus tanaman hias. Semoga bermanfaat dan Like nya please. Terima Kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.