Cara Menghilangkan STRES dengan Mudah dan Asyik

Carapedi.com| Banyak cara untuk menghilangkan atau mengatasi stres yang biasa muncul akibat beban kerja yang berat dengan batas waktu (deadline) yang terlalu mepet ataupun bisa juga karena putus cinta. Wikipedia mendefinisikan stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Jika saat ini Anda sedang merasa stress, cobalah tips cara menghilangkan atau mengatasi stress dengan mudah dan asyik berikut ini:

  1. Lakukan Senam Ringan dan Pernafasan.
    Jika Anda sudah merasa penat dengan pekerjaan yang Anda hadapi. Cobalah berhenti sejenak dan tariklah nafas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut secara perlahan. Lebih lengkap lagi jika diikuti senam kecil dengan menggerakkan dan merenggangkan tangan seperti saat Anda bangun tidur. Jika ingin menggerakkan leher, berhati-hatilah karena dalam kondisi tegang, otot di leher mudah terkilir.
  2. Pijit Titik Saraf.

    Pijatlah beberapa bagian tubuh tertentu yang dapat membuat rileks atau yang Anda rasakan perlu dipijat seperti kening dan bahu secara perlahan-lahan kurang lebih selama 5 menit atau sampai badan Anda merasa lebih segar dari sebelumnya.
  3. Refresh Your Mind.
    Lakukanlah hal yang paling bisa membuat Anda senang atau tertawa. Jika Anda suka bernyanyi cobalah pergi dengan kawan-kawan ke tempat karaoke dan nyanyikanlah lagu-lagu yang ceria. Jika Anda suka nonton film, tontonlah film dengan genre komedi. Atau jika tidak ada waktu, bacalah cerita atau video lucu di internet yang bisa membuat Anda ketawa.
    Langkah ini penting dilakukan agar pikiran dan saraf-saraf kita kembali rileks dan tenang, sehingga Anda dapat berfikir jernih dan bisa mendapatkan solusi brilian terhadap masalah yang sedang dihadapi serta dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif.
  4. Tidur yang Cukup.
    Istirahat yang kurang terutama pada malam hari dapat membuat tubuh kita ngedrop. Daya tahan dan stamina kita pun akan menurun, sehingga mudah terkena stres. Oleh karena itu jika akhir-akhir ini Anda sering bergadang, sudah saatnya menguranginya dengan tidur minimal lebih awal dengan durasi 7-8 jam.
  5. Dekatkan diri Pada Tuhan YME.
    Banyak orang yang stres bukan karena beban kerja yang tinggi tapi justru karena dia merasa sudah memiliki segalanya sehingga bingung ingin melakukan pencapaian apa lagi sehingga terjadi kegersangan rohani. Oleh karena itu, jalan satu-satunya dan yang paling efektif adalah dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Jika Anda seorang muslim, banyaklah berdzikir dan membaca al-Qur’an.

Demikianlah tips tentang bagaimana cara mengatasi stres, semoga Anda dapat segera fresh kembali dan dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan sukses.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.