Cara Memasang Kode Iklan Google Adsense di WordPress

Carapedi.com| Cara Memasang Kode Iklan Google Adsense di WordPress – Salah satu alasan seseorang membuat blog adalah meraup receh dari pemasangan iklan. Tidak mudah memang mendapatkan izin dari intermediator iklan seperti Google Adsense, Amazon, Idblognetwork dan lainnya. Lalu bagaimana cara memasang kode iklan jika sudah disetujui di blog kita?

Berikut pengalaman saya tentang bagaimana cara memasang kode iklan Google Adsense di blog wordpress saya ini, maupun di blog saya yang lain. Sistem kerjanya, iklan yang Anda masukkan dengan cara ini akan selalu muncul secara otomatis pada semua artikel, baik yang sudah Anda posting maupun yang akan diposting.

Namun, jika Anda ingin memunculkan kode iklan khusus pada artikel tertentu, maka Anda harus menggunakan cara manual, tapi tetap menggunakan plugin. Misalnya, pada blog wisatapedi.com, iklan yang saya munculkan pada semua artikel tentang objek wisata di Bogor adalah kode banner iklan hotel di Bogor saja. Pada artikel seputar objek wisata di kota Malang, maka banner iklan yang muncul hanya daftar hotel di kota Malang saja.

A. Cara Memasang Kode Iklan Google Adsense Secara Otomatis

  1. Buatlah unit iklan pada akun yang menerima blog kamu untuk dipasangi iklan. Berilah nama iklan tersebut dengan nama yang mudah kamu ingat. Misalnya kamu ingin memasangnya tepat di atas artikel di bawah judul seperti terlihat di atas, maka buatlah nama: carapedi header. Jika sudah copy kodenya.
  2. Setelah tercopy, masuk ke dashboard blog wordpress kamu dan langsung menuju ke menu Plugins.
  3. Pilih Add New dan ketikkan kata: Quick Adsense. Jika sudah ketemu langsung instal dan aktifkan.
  4. Kemudian atur settingannya dengan cara pilih menu Settings > klik Quick Adsense. Lihat screen shot di bawah ini:
    [klik gambar untuk memperbesar]
    cara memasang kode iklan google adsense dengan mudah
    Ket:
    Position (defaut):
    Centang dan pilih Ads 1 untuk pemasangan iklan pada permulaan artikel (to Beginning of Post).
    Centang dan pilih Ads 3 untuk pemasangan iklan pada akhir artikel (to The End of Post).
    Jika ingin muncul pada paragraf tertentu, misalnya setelah paragraf 1 seperti pada blog saya ini, maka gunakan opsi di bawahnya lagi, yaitu: After Paragraf [1]. Anda bisa mengganti angka 1 menjadi 2 jika ingin agar iklan muncul setelah paragraf kedua dan seterusnya.
    Ads on Post Body:
    Ads 1: Isi dengan kodeiklan yang akan Anda munculkan pada permulaan artikel.
    Ads 3: Isi dengan kode iklan yang akan Anda munculkan pada akhir artikel.
  5. Jangan lupa untuk menyimpan (Save) settingan kamu tersebut.

B. Cara Memasang Kode Iklan Google Adsense Secara Manual

  1. Silahkan instal dan aktifkan plugin: “insert html snippet” melalui menu Plugins.
  2. Setelah aktif, maka pada menu bar sebelah kiri akan muncul menu “XYZ Html” klik hingga muncul tampilan seperti di bawah ini:
    cara pasang iklan google adsense manual
  3. Setelah klik tombol: Add New HTML Snippets sehingga muncul kolom isian yang akan Anda isi dengan nama dan kode iklan seperti terlihat di bawah ini. Jangan lupa klik tombol Create untuk menyimpannya.
    cara memasang kode iklan google adsense secara manual di wordpress
  4. Setelah jadi, untuk memasukkan ke dalam artikel, maka Anda harus memasukkannya secara manual. Caranya adalah ketika Anda membuka artikel tertentu, silahkan klik tombol HTML yang ada di bar atas postingan. Lalu pilih iklan mana yang akan Anda munculkan pada artikel tersebut.
    cara memasukkan kode iklan google adsense di wordpress

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara memasang kode iklan Google Adsense pada blog dengan platform WordPress secara otomatis dengan mudah. Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.