12 Cara Mempercepat Kinerja Komputer untuk Semua Windows

cara mempercepat kinerja komputer

Carapedi.com| Cara Mempercepat Kinerja Komputer untuk Semua Windows – Saat ini dunia kerja tidak bisa lepas dari pc komputer atau laptop. Hampir semua pekerjaan perkantoran sekarang dikerjakan dengan menggunakan bantuan laptop. Lalu bagaimana jadinya jika ketika pekerjaan sedang menumpuk, tapi komputer atau laptop Anda bekerja sangat santai (lola)? tentu hal ini akan sangat menjengkelkan bukan?

Ada beberapa faktor yang dapat membuat kinerja komputer menjadi lambat. Cara yang paling logis adalah mengatasi faktor penghambat tersebut. Apa saja dan bagaimana cara memperbaiki laptop yang lambat? Berikut beberapa cara mudah mempercepat kinerja komputer atau pc agar kembali menjadi super cepat.

12 Cara Mempercepat Kinerja Komputer

  1. Scan Komputer dengan Antivirus.
    Salah satu penyebab lambatnya komputer atau bahkan hingga hang terlalu lama adalah masukknya virus di komputer. Ada berbagai macam virus dengan berbagai model modus. Oleh karena itu, jika komputer atau laptop Anda sudah mulai lambat atau lola, maka segeralah scan dengan antivirus. Ada banyak antivirus gratis yang bisa Anda gunakan, salah satu yang menurut saya paling jos adalah Avast Antivirus (klik untuk mendownload).
  2. Hapus file pada Recycle Bin.
    Jika kamu sudah menghapus file, bukan berarti file tersebut sudah hilang dari komputer karena masih tersimpan di keranjang sampah (Recycle Bin) yang juga menjadi beban hardisk. Jadi hapus file Recycle Bin minimal sebulan sekali.
  3. Jangan terlalu banyak short cut pada desktop.
    Short cut yang tidak perlu kadang muncul secara tidak sengaja ketika kita menginstal sebuah software. Hapus short cut pada desktop yang tidak bermanfaat karena dapat memperlambat loading pada saat start up windows.
  4. Hapus file pada folder Prefecth.
    Cara menghapus isi folder prefetch: Klik kanan pada Start > Klik Windows Explorer > Klik Drive C > Klik Windows > Klik Prefetch > Hapus semua isinya dengan (Shift + Del).
  5. Matikan Start up Program yang tidak Perlu.
    Start up program (program yang akan terbuka secara otomatis ketika komputer dihidupkan) dapat membuat lelet karena dalam satu waktu membuka banyak aplikasi sekaligus.
    Cara: Klik Start > ketik run pada kolom search program and file dan enter > ketik msconfig pada kolom Open: > Pilih tab Startup dan buang centang pada program yang tidak perlu.
  6. Uninstal Program atau Software yang tidak Perlu.
    Terkadang ketika kita mendownload file dari internet, secara tidak sadar kita sudah menginstal program lain yang tidak perlu. Sehingga membuat kinerja komputer lelet karena kebanyak software yang terinstal.
    Cara: klik Start > Control Panel > Programs and Features (windows xp) or Uninstall a program (windows 7).
  7. Kompres File Jika Memori Penuh.
    Cek sisa memori hardisk komputer kamu. Jika dalam diagram yang berbentuk bulat, warna merah tinggal 10% berarti sudah terlalu penuh.
    Cara: Start > Klik Windows Explorer > Klik kanan folder yang diinginkan misalnya D > Propertis.
    Solusi: Kompreslah file yang jarang dibuka atau simpan di tempat penyimpanan gratis di internet seperti 4shared dsb.
  8. Mengoptimasi Display Setting dengan Mematikan Visual Efek.
    Setting visual efek windows (default) menggunakan banyak animasi. Sehingga memperlambat kinerja komputer.
    Cara: Windows Explorer > Klik kanan My Computer > Propertis > Advance system Setting > Advance > Klik Setting pada Performance > Hilangkan semua centang pada tampilan yang keluar berikutnya.
  9. Lakukan Defragment Hardisk.
    Hardisk kita terkadang menjadi penuh dengan program-program yang tidak berguna atau error. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan cara mendefrag hardisk secara berkala minimal 1 bulan sekali.
    Solusi: Klik kanan pada hardisk/partisi yang ingin didefrag > Pilih Tools > Klik Check Now untuk memeriksa terlebih dahulu apakah terdapat file yang error pada hardisk. Jika ada maka langkah selanjutnya adalah dengan mendefragnya.
  10. Jangan Gunakan Thema dan Widget Desktop.
    Thema windows dan widget seperti tampilan jam atau kalender pada desktop memang mempercantik penampilan layar komputer, tapi hal ini sangat memperlambat kinerja komputer. Jadi jika RAM komputer kamu kecil, sebaiknya jangan gunakan thema dan widget.
  11. Membersihkan tumpukan Log Files.
    Setiap kali kita beraktifias dengan komputer kita (computerizing), terutama ketika berselancar di dunia maya, banyak sekali meninggalkan jejak seperti cache dsb. Jika folder tempat penyimpanan tersebut telah penuh, pasti akan membuat kinerja komputer menjadi lambat.
    Solusi: Bersihkanlah dengan menggunakan software CCleaner.
  12. Bersihkan Duplicate File.
    Ketika melakukan penyimpanan file atau data, kadang kita tidak sadar bahwa file tersebut sebenarnya sudah pernah kita download atau simpan sebelumnya. Jika itu music atau video, tentu akan memakan space yang besar. Nah, ada cara terbaik untuk menghapus file ganda yang ada dalam komputer, yaitu dengan menggunakan software gratis bernama: Duplicate File Finder (klik untuk mendownload).

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mempercepat kinerja komputer untuk semua versi system operasi Windows. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.