Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot atau Blogger (1)

CaraPedi.com| Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot atau Blogger ini memang tidak dipungut biasa sepeserpun. Adalah blogger.com, fasilitas yang disediakan oleh Google untuk membuat blog secara gratis. Syarat utama yang harus Anda miliki adalah akun Gmail. Jika belum Anda belum memilikinya, silahkan baca: Cara Membuat Akun Gmail. Satu hal yang mungkin perlu Anda ketahui, bahwa jika blog Anda dapat mendatangkan banyak pengunjung, maka Anda berpeluang untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

Salah satu yang paling umum yang biasa para pendulang “emas” di internet gunakan adalah dengan memasang iklan atau dengan membuat toko online untuk menjual produk. Nah, jika Anda ingin mulai membuka toko online secara gratis silahkan baca tutorialnya: Cara Membuat Toko Online Gratis. Tapi yang jelas untuk membuat toko online gratis dengan blogspot, maka Anda harus membuat blog dasar yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot atau Blogger:

  1. Silahkan login ke Blogger dengan menggunakan akun Gmail Anda di: http://www.blogger.com
  2. Jika ini adalah pertama kali Anda membuat blog dengan blogger maka akan muncul tampilan seperti terlihat di bawah ini. Untuk melanjutkan, langsung saja klik tombol: Lanjut ke Blogger.
    [klik untuk memperbesar]
    cara membuat blog gratis
  3. Selanjutnya Anda akan masuk ke dapur pengolahan blog Anda. Untuk mulai membuat blog silahkan klik tombol: Blog Baru seperti terlihat di bawah ini:
    [klik untuk memperbesar]
    cara membuat blog gratis dengan blogspot
  4. Lalu buatlah Judul dan alamat Blog baru Anda. Untuk judul Blog, Anda bisa membuatnya walaupun sudah ada judul blog yang sama sebelumnya, tapi untuk alamat blog, jika muncul keterangan: “alamat ini tidak tersedia” berarti alamat tersebut sudah dipakai oleh orang lain, maka Anda harus mencari alternative nama lainnya sampai muncul pesan: “Alamat blog ini tersedia“. Jika sudah yakin, maka silahkan klik tombol Buat blog!. Bagaimana dengan pilihan Template? Anda bisa mengubahnya kapan saja setelah blog Anda setelah blog Anda jadi.
    [klik gambar untuk memperbesar]
    cara membuat blog gratis dengan menggunakan blogger
  5. Saat ini Anda telah memiliki sebuah blog yang sudah online dan sudah siap untuk diolah menjadi blog seperti apapun yang Anda inginkan. Berikut adalah tampilan dapur pengolahan blog Anda.
    [klik gambar untuk memperbesar]
    cara membuat blog gratis tanpa biaya sepeserpun
    Keterangan:
    1). Lihat blog: untuk melihat tampilan depan blog online Anda.
    2). Pos: untuk menulis artikel baru
    3). Laman: seperti pos tapi biasa digunakan untuk membuat halaman: tentang kami, hubungi kami, syarat dan ketentuan pengunjung atau jika Anda membuat blog untuk toko online, maka bisa digunakan untuk halaman cara membeli produk, Testimonial pembeli dan lain sebagainya.
    4). Tata Letak: untuk menyusun ulang tata letak halaman depan blog Anda. Misalnya Anda ingin merubah letak sidebar yang biasa berisi menu: artikel terbaru, komentar terbaru, penghitung pengunjung, kotak fan page facebook dan lain sebagainya di sebelah kanan atau kiri artikel.
    5). Template: untuk mengubah tampilan utama halaman blog Anda. Seperti jika Anda ingin membuat toko online gratis, maka Anda harus menginstal template e-commerce atau woo-commerce di sini.
    6). Setelan: Di menu ini Anda bisa mengubah judul dan deskripsi blog serta settingan lainnya.

Demikianlah tutorial singkat bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot atau Blogger. Semoga membantu. Jika Anda menyukai tutorial ini, mohon share dengan memberikan like atau twit atau dengan berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan membutuhkan. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.